PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan makanan dan minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2018)

Muhammad Mas‟ud, Muhammad Mas‟ud (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan makanan dan minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2018). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (841kB)
[img] Text
SKRIPSI PENGARUH PROFITABILITAS M. MASUD-.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Perusahaan makanan dan minuman merupakan salah satu sektor yang menjadi andalan sebagai pendukung perkembangan perusahaan manufaktur dan perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu perusahaan akan selalu berupaya untuk meningkatkan nilai perusahaannya. Nilai perusahaan merupakan nilai pasar dari suatu ekuitas perusahaan ditambah dengan nilai pasar hutang. Dengan demikian, penambahan dari jumlah ekuitas perusahaan dengan hutang perusahaan dapat mencerminkan nilai perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode asosiatif hubungan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif dalam melihat hubungan variabel terhadap objek yang diteliti lebih bersifat sebab akibat (kausal), sehingga dalam penelitiannya ada variabel independen (bebas) dan dependen (terikat). Penelitian ini menganalisis pengaruh variabel independen yaitu Profitabilitas (X1), Leverage (X2) dan Ukuran Perusahaan (X3) terhadap variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan (Y) Populasi dalam penelitian ini sebanyak 18 perusahaan dan kriteria pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 9 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sederhana profitabilitas (ROE) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) sebesar 0,416. Nilai tersebut mempunyai tingkat hubungan yang sedang. Hasil uji t memiliki nilai thitung sebesar 3,857 > ttabel 1,664, dengan tingkat signifikansi yang berada dibawah nilai 0,05 yaitu sebesar 0,000. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sederhana leverage (LEVERAGE) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) sebesar -0,173. Hasil uji t memiliki nilai thitung sebesar -1,882 < ttabel 1,664, dengan tingkat signifikansi yang berada diatas nilai 0,05 yaitu sebesar 0,064. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi sederhana ukuran perusahaan (SIZE) terhadap Nilai Perusahaan (PBV) sebesar -0,197. Nilai tersebut mempunyai tingkat hubungan sangat rendah. Hasil negatif menunjukkan hubungan tersebut berlawanan arah. Nilai koefisien regresi sederhana sebesar -1,678 dan berpengaruh negatif. Hasil uji t memiliki nilai thitung sebesar 0,705 < ttabel 1,664, dengan tingkat signifikan yang berada diatas nilai 0,05 yaitu 0,483. Leverage, profitabilitas, dan nilai perusahaan mengalami penurunan sedangkan size mengalami peningkatan. Bagi investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman disarankan memperhatikan variabel Profitabilitas, Leverage dan Ukuran perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi yang tepat dan menguntungkan nantinya. Kata Kunci: Profitabilitas (ROE), Leverage (LEVERAGE), Nilai Perusahaan (PBV), dan Ukuran Perusahaan (SIZE)

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 09 Dec 2023 03:59
Last Modified: 09 Dec 2023 03:59
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item