PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA UPTD PUSKESMAS LEYANGAN UNGARAN TIMUR

Dian Novita Sari, Dian Novita Sari (2020) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA UPTD PUSKESMAS LEYANGAN UNGARAN TIMUR. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang cukup penting terhadap kepuasan pasien dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Dengan kata lain, apabila kualitas pelayanan padapuskesmas tersebut baik, maka dengan sendirinya masyarakat atau pasien yang menggunakan jasa pelayanan di puskesmas akan merasa mempunyai harapan dan pemenuhan kebutuhan mereka akan kesehatan dapat terpenuhi. Secara teoritis menurut Parasuraman, (2011) salah satu pendekatan pelayanan yaitu konsep “RATER” (reponsiviness, assurance, tangible, emphaty, realibility). RATER di bangun atas adanya perbandingan dua faktor utama yaitu persepsi pengguna jasa atas layanan yang nyata mereka terima dan layanan yang sesungguhnya yang diharapkan atau diinginkan. Jika kenyataan lebih dari yang diharapkan, maka layanan dikatakan bermutu, sedangkan kenyataan kurang dari yang diharapkan maka layanan dikatakan kurang bermutu, dan apabila kenyataan sama dengan harapan, maka layanan tersebut memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Peran Kualitas Pelayanan (ketanggapan, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan) secara parsial simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Ungaran Timur? Jenis penelitian explanotary research dan berlokasi Leyangan, Ungaran Timur, Jetis Tiga, leyangan, Semarang, Jawa Tengah 50519.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang berobat di puskesmas leyangan ungaran timur yang di ambil sampel sebanyak 50 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Metode yang digunakan yaitu korelasi, anilisiis regresi linear, uji t, uji F dan determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial ketanggapan berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang ditunjukkan dengan nilai thitung .> ttabel (3,156>2,01669) dan sig. = 0,003. Karena nilai sig. < sig.α (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang ditunjukkan dengan nilai thitung .> ttabel (2,867>2,01669) dan sig. = 0,006. Karena nilai sig. < sig.α (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang ditunjukkan dengan nilai thitung .> ttabel (3,578>2,01669) dan sig. = 0,001. Karena nilai sig. < sig.α (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang ditunjukkan dengan nilai thitung .> ttabel (3,548>2,01669) dan sig. = 0,001. Karena nilai sig. < sig.α (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial kehandalan berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang ditunjukkan dengan nilai thitung .> ttabel (7,132>2,01669) dan sig. = 0,000. Karena nilai sig. < sig.α (0,05), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Secara simultan ketanggapan, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pasien yang ditunjukan dengan Fhitung>Ftabel (162,539>2,42) dengan taraf sig. 0,000 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : ketanggapan, jaminan, buktifisik, empati, kehandalan, kepuasan pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:06
Last Modified: 08 Dec 2023 04:06
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1372

Actions (login required)

View Item View Item