ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALYSIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ANALYSIS PADA PT. SEMEN INDONESIA DISTRIBUTOR DI PURWODADI

Agus, Widodo (2020) ANALISIS STRATEGI BISNIS DALAM MENINGKATKAN MARKET SHARE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALYSIS BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN SWOT ANALYSIS PADA PT. SEMEN INDONESIA DISTRIBUTOR DI PURWODADI. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI AGUS WIDODO 16510048.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (103kB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang diterapkan di PT Semen Indonesia Distributor dalam menghadapi perubahan peta persaingan pasar untuk perebutan market share serta menetapkan strategi bisnis yang memiliki keunggulan kompetitif dalam meningkatkan market share Semen Gresik ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Munculnya gap strategi bisnis, gap market share, gap bisnis model kanvas, gap analisis SWOT Jenis penelitian saya ini penelitian kualitatif yakni metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara probability sampling. Teknik pengumpulan dilakukan dengan teknik Disproportionate Stratified Random Sampling, dan trianggulasi (gabungan). Analisis data strategi bisnis dalam meningkatkan market share dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisis business model canvas dan SWOT analysis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan analisa SWOT maka ditemukan bahwa penyebab utama market share pada PT Semen Indonesia Distributor Cabang Purwodadi tidak meningkat signifikan bahkan cenderung stagnan, tergambar pada analisa kekuatan dan kelemahan implementasi elemen-elemen Business Model Canvas dan analisa peluang dan ancaman dari faktor ekternal perusahaan. Berdasarkan hasil analisis Matriks Grand Strategy menunjukkan bahwa perusahaan berada pada Kuadran I strategi yang cocok untuk diterapkan di PT. Semen Indonesia Distributor Cabang Purwodadi adalah strategi kerjasama melalui Integrasi Vertikal dan Strategi ekspansi pasar melalui Diversifikasi Konglomerat. Sedangkan hasil analisis Quantitative Strategies Planning Matriks (QSPM) memperlihatkan bahwa diantara alternative strategi pertumbuhan yang agresif (mendapatkan pangsa pasar baru (segmentasion new), memberikan reward ke team pemasaran )) yang telah diformulasikan, hasil QSPM memberikan nilai yang lebih tinggi dari pada strategi yang lain. Kata Kunci : Strategi bisnis, market share, Analisis Business Model Canvas dan SWOT Analysis

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:28
Last Modified: 08 Dec 2023 03:28
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1363

Actions (login required)

View Item View Item