ENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA MAGIC BALL PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI RAPAH 02 BANYUBIRU

Anita Sari, Anita Sari (2023) ENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA MAGIC BALL PADA PESERTA DIDIK KELAS 5 DI SEKOLAH DASAR NEGERI RAPAH 02 BANYUBIRU. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
19. SKRIPSI FULL_24 NOPEMBER 2023 (1).pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Sari, Anita. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Magic Ball Pada Peserta Didik Kelas 5 Di Sekolah Dasar Negeri Rapah 02 Banyubiru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas DarulUlum Islamic Centre Sudiraman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama : Dra. Hj.Sri Widayati, M.Si., Pembimbing : Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Rumusan masalahnya yaitu apakah melalui penerapan Model Make A Match berbantuan Media Magic Ball pada Materi BangunRuang dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik kelas 5SD Negeri Rapah 02Banyubiru Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing�masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket aktivitaspeserta didik, keterampilan peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Penelitianini menggunakan subjek berjumlah 17 yang terdiri dari terdiri dari 5 peserta didikputri dan 12 peserta didik putra. Hasil belajar siklus 1 ini, menunjukkan adanya kenaikan persentase sebelumnya yakni 24%. Hasil belajar pada siklus 2 belajar peserta didik mengalamipeningkatan dari sebelumnya yakni 11 peserta didik menjadi 16 peserta didik yangmencapai kriteria tuntas. Dari kriteria yang diperoleh menunjukkan bahwa 94% peserta didik tuntas dalam belajar dengan nilai ≥70. Hasil siklus 2 sangat tinggi dengan persentase ketuntasan pada kriteria tuntas sebesar 94%. Simpulan yang diperoleh dari hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan Media Magic Ball dapat meningkatkan v hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada pra siklus rata-rata 68,8menjadi 87,6 pada siklus II. Peningkatan juga terjadi pada hasil ketuntasan belajarpeserta didik dari 41% atau 7 peserta didik pada pra siklus menjadi 94% atau 16 peserta didik pada siklus II. Kata kunci: Make A Match, Magic Ball, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:19
Last Modified: 04 Dec 2023 03:19
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1349

Actions (login required)

View Item View Item