PENGARUH KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI HIDAYATUL ATHFAL GEDANGANAK KABUPATEN SEMARANG

NOVITA CESAR YUDHEA, NOVITA CESAR YUDHEA (2023) PENGARUH KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V MI HIDAYATUL ATHFAL GEDANGANAK KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
17. skripsi dea OK.fix.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Yudhea, Novita Cesar. 2023. Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas V di MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama Drs. Moh Fakih, M.Si, Pembimbing Pendamping Ridha Sarwono, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas dari orang tua seperti, buku tambahan belajar dan adanya perbedaan tingkat ekonomi keluarga yang mengakibatkan berbeda pula dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa, sehingga tingkat motivasi belajar siswa terbentuk berbeda-beda. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah pengaruh yang signifikan antara Kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar siswa kelas V MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. dengan jumlah populasi 36 siswa. Teknik sampling yang diterapkan adalah cluster proporsive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji regresi, uji determinasi dan uji F dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi ekonomi keluarga terhadap motivasi belajar siswa kelas V MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Pada hasil regresi didapat persamaan Y = a + bX, Y = 74,662 + -0,216x. Pada Uji F Menunjukkan bahwa nilai F hitung didapat sebesar 10,260 dengan Sig 0,003 < dari 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat diambil kesimpulan bahwa masing-masing variabel memiliki keterkaitan secara Regresi dan Uji F. Saran yang penulis ajukan antara lain; Setelah guru mengetahui bahwa kondisi ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, maka guru harus dapat memberikan pelajaran dengan memberikan berbagai metode pembelajaran yang sesuai dan mampu menumbuhkan motivasi belajar yang dimiliki siswa. Bagi sekolah. Sekolah diharapkan mampu menyediakan referensi yang lebih banyak bagi siswa sehingga siswa tidak hanya belajar dari hasil yang disampaikan oleh guru terutama bagi siswa yang ekonomi orang tuanya rendah karena tidak dapat membeli buku referensi dan fasilitas yang digunakan untuk sekolah dan memberikan stimulus berupa penghargaan bagi siswa yang berprestasi sehingga siswa akan selalu termotivasi untuk selalu belajar meraih prestasi yang tertinggi. Kata kunci: Kondisi Ekonomi Keluarga, dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:14
Last Modified: 04 Dec 2023 03:14
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item