PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMK NU UNGARAN TAHUN 2022/2023 KABUPATEN SEMARANG

MUHAMAD HABSI MUSANAN, MUHAMAD HABSI MUSANAN (2023) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS XI SMK NU UNGARAN TAHUN 2022/2023 KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
16. MUHAMAD HABSI MUSANAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Musanan, Muhamad Habsi. 2023. Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru Terhadap Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama Drs. Moh Fakih, M.Si, Pembimbing Pendamping Alil Rinenggo, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Rumusan masalah pada penelitian ini adakah pengaruh yang signifikan antara Kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan kemampuan komunikasi guru terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK NU Ungaran Kabupaten Semarang dengan jumlah populasi 121 siswa. Teknik sampling yang diterapkan adalah cluster proporsive random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mencari data variabel penelitian sedangkan analisis data menggunakan analisis korelasional, determinasi dan regresi, dengan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan Komunikasi Guru memiliki korelasi dengan minat belajar PKN hal tersebut ditunjukan dengan analisis korelasi sebesar 0,684 bila dibandingkan dengan harga table sebesar 0,468 lebih besar. Komunikasi memiliki adil 46,8% ditunjukkan dengan nilai determinasi sebesar 0,468. Komunikasi Guru juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Belajar PKn hal itu ditunjukan dengan hasil uji F sebesar 26,339 lebih besar dari harga T tabel sebesar 2,942 Atau harga sig lebih kecil dari alfa 0.05 (0,000< 0.05) Saran yang penulis ajukan antara lain; Guru lebih memperhatikan kemampuan komunikasinya, dengan terus melakukan evaluasi, refleksi serta meningkatkan kemampuan komunikasinya; Siswa agar lebih memperhatikan apa yang disampaikan guru, dan memperhatikan hal-hal yang dapat memicu minat belajarnya; kepala sekolah lebih memperhatikan pola komunikasi guru kepada peserta seperti dengan membimbing dan memfasilitasi kegiatan pembinaan kompetensi guru khususnya kemampuan komunikasi. Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Guru, dan Minat Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:10
Last Modified: 04 Dec 2023 03:10
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1346

Actions (login required)

View Item View Item