PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE KATA TERHADAP MINAT BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN LANGENSARI 04 KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

MALINDA AYU WIJAYANTI, MALINDA AYU WIJAYANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE KATA TERHADAP MINAT BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN LANGENSARI 04 KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
15. MALINDA AYU WIJAYANTI.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Wijayanti, Malinda Ayu. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Kata Terhadap Minat Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Drs. H. Abdul Karim, M.H, Pembimbing Pendamping: Nimas Puspitasari, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar PKn siswa. Rumusan masalahnya yaitu adakah pengaruh model pembelajaran scramble kata terhadap minat belajar PKn siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memverifikasi ada tidaknya pengaruh model pembelajaran scramble kata terhadap minat belajar PKn siswa kelas V SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Sampel yang dipilih adalah sampel jenuh dengan sampel 59 siswa (30 siswa di kelas eksperimen dan 29 siswa di kelas kontrol). Penelitian ini dilakukan pada 27 Maret sampai 28 Maret 2023 di SDN Langensari 04. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: model pembelajaran scramble kata dan minat belajar PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket untuk mengukur minat belajar siswa kelas V. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran scramble kata berpengaruh terhadap minat belajar PKn siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji t, yaitu dengan nilai thitung = 5,435 > ttabel = 1,672 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh model pembelajaran scramble kata terhadap minat belajar PKn siswa kelas V SDN Langensari 04 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Kata kunci: model pembelajaran scramble kata, minat belajar PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:07
Last Modified: 04 Dec 2023 03:07
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item