ANALISIS PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KANISIUS GENUK

Yunky Ardianny, Yunky Ardianny (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR KANISIUS GENUK. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
13.yunki.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Ardianny, Yunky, 2023 Analisis Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kanisius Genuk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Kabupaten Semarang.Pembimbing Utama : Drs. Moh. Fakih.,M.Si Pembimbing Pendamping : Nimas Puspitasari.,S.Pd.,MPd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa siswa yang kurang aktif dan kurang tertarik serta menganggap bahwa pelajaran IPS kurang menarik sehingga membuat malas untuk mengingat dan mempelajari berbagai materi Fokus penelitian yaitu bagaimanakah analisis penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah guru kelas V dan seluruh siswa kelas V SD Kanisius Genuk Ungaran yang berjumlah 12 anak. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data tersebut dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi teknik. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 18 Januari 2023 di SD Kanisius Genuk Ungaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dilihat dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi sudah sesuai dengan langkah�langkah di RPP. Walaupun ada beberapa aspek pembelajaran yang belum terlaksana dengan baik dan maksimal yaitu waktu yang kurang dalam pembuatan mind mapping serta ada 2 siswa yang membuat kegaduhan.Tanggapan siswa terhadap penerapan metode ini beragam seperti menyebutkan bahwa pembelajarannya menyenangkan, mudah dipahami dan tidak membosankan. Kelebihan mind mapping membuat siswa lebih fleksibel, dapat memusatkan perhatian dan meningkatkan pemahaman. Sedangkan kekurangannya yaitu hanya peserta didik yang aktif yang terlibat tidak sepenuhnya murid belajar dan hasil mind map yang bervariasi membuat guru kewalahan dalam memeriksanya.Sebelum metode pembelajaran diterapkan siswa pasif dan kurang aktif dalam pembelajaran,namun setelah diterapkannya metode ini,siswa menjadi aktif dan mudah dipahami sehingga pembelajaran tidak membosankan dan menyenangkan. Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:59
Last Modified: 04 Dec 2023 02:59
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item