PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI WIROGOMO 01

UMI TOHIROH, UMI TOHIROH (2023) PENERAPAN METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI WIROGOMO 01. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
10. UMI TOHIROH_PENERAPAN_METODE_FIELD_TRIP_UNTUK_MENINGKATKAN_HASIL_BELAJAR_IPA_SISWA_KELAS.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Umi Tohiroh, 2023. Penerapan Metode Field Trip Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD Negeri Wirogomo 01. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si, Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Wirogomo 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran field trip pada siswa kelas IV SD Negeri Wirogomo 01 Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Metode field trip dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Wirogomo 01, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, karena metode field trip memberikan pengalaman belajar nyata kepada siswa tentang hhal-hal yang yang sedang dipelajari di kelasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek peneliti adalah siswa kelas IV SD Negeri Wirogomo 01 yang berjumlah 30 siswa, adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi keaktifan siswa, observasi keterampilan guru dan tes tertulis. Analisis data dengan menggunakan analisis data deskriptif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas dilakukan dengan dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan bahwa metode pembelajaran field trip dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Terbukti dari hasil siklus I siswa yang memenuhi KKM adalah 17 siswa 56,6% dari jumlah 30 siswa, dan pada siklus II siswa yang memenuhi KKM sebanyak 27 siswa 90% dar jumlah 30 siswa, terjadi peningkatan 10 siswa 33,3%. Saran yang dapat diberikan, guru dalam mengajar perlu menggunakan metode yang tepat sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Untuk siswa dalam mengikuti pembelajaran harus memperhatikan guru saat memberikan penjelasan pada materi pelajaran, berani bertanya jika ada hal yang kurang jelas. Kata Kunci : Metode Field Trip, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:50
Last Modified: 04 Dec 2023 02:50
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1340

Actions (login required)

View Item View Item