ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PADA PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP DI MI MA’ARIF BEJI (Studi Kasus Pada Kelas V MI Ma’arif Beji Tahun Ajaran 2021/2022)

ONE SEKAR ALDILA, ONE SEKAR ALDILA (2023) ANALISIS TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL PILIHAN GANDA PADA PENILAIAN TENGAH SEMESTER GENAP DI MI MA’ARIF BEJI (Studi Kasus Pada Kelas V MI Ma’arif Beji Tahun Ajaran 2021/2022). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
9. ONE SEKAR REVISI 3 OKTO 2023-1.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Aldila, One Sekar. 2023. Analisis Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Pada Penilaian Tengah Semseter Genap di MI Ma’arif Beji (Studi Kasus Pada Kelas V MI Ma’arif Beji Tahun Ajaran 2021-2022), Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil analisis pengolahan data mengenai Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Pada Penilaian Tengah Semester Genap di MI Ma''arif Beji (Studi Kasus Pada Kelas V MI Ma''arif Beji Tahun Ajaran 2021-2022.Fokus penelitian yang terdapat pada skripsi tersebut yakni Bagaimana Analisis Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Pada Penilaian Tengah Semester Genap di MI Ma’arif Beji (Studi Kasus Pada Kelas V MI Ma’arif Beji Tahun Ajaran 2021/2022). Manfaat dari penelitan tersebut yakni guna mengetahui mana soal yang baik dan mana soal yang tidak layak untuk diujikan. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi yang digunakan untuk penelitian yakni MI Ma'arif Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan program Microsoft Excel. Hasil analisis dari butir soal pilihan ganda Penilaian Tengah Semester Genap MI Ma’arif Beji Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 butir soal menunjukkan bahwa Tema 6 Subtema 1&2 memiliki validitas sebanyak 11 dari 25 butir soal. Reliabilitas sebesar 0.590. Tingkat kesukaran dengan 11 butir soal mudah, 8 butir soal sedang dan 6 butir soal sukar. Daya pembeda dengan 3 butir soal baik, 9 butir soal sedang, 11 butir soal tidak baik dan 2 butir soal tidak layak digunakan. Fungsi distraktor (pengecoh) dengan 8 butir soal sangat baik, 5 butir soal baik, 8 butir soal kurang baik dan 4 butir soal jelek. Sedangkan Tema 6 Subtema 3 memiliki validitas sebanyak 10 dari 25 butir soal. Reliabilitas sebesar 0.906. Tingkat kesukaran dengan 10 butir soal mudah, 13 butir soal sedang dan 2 butir soal sukar. Daya pembeda dengan 12 butir soal baik, 7 butir soal sedang, 5 butir soal tidak baik dan 1 butir soal tidak layak digunakan. Fungsi distraktor (pengecoh) dengan 10 butir soal sangat baik, 5 butir soal baik, 9 butir soal kurang baik dan 1 butir soal jelek. Alangkah baiknya apabila seorang guru melakukan analisis butir soal terhadap soal tes yang akan diujikan guna mengetahui kualitas butir soal agar guru dapat memilih soal yang harus dipertahankan dan bisa digunakan kembali dilain waktu dan soal yang harus diganti baru. Kata Kunci: Analisis Butir Soal, Penilaian Tengah Semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:48
Last Modified: 04 Dec 2023 02:48
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item