ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN SUSUKAN 01 KECAMATAN UNGARAN TIMUR

KIKI DWI FANI, KIKI DWI FANI (2023) ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN SUSUKAN 01 KECAMATAN UNGARAN TIMUR. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
8. KIKI DWI FANI (19320003)_ANALISIS KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SDN SUSUKAN 01 KEC. UNGARAN TIMUR.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Fani, Kiki Dwi. 2023. Analisis Kreativitas Guru dalam Pembelajaran di SDN Susukan 01 Kecamatan Ungaran Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Sri Widayati, M.Si. Pembimbing Pendamping: Puji Winarti, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan dan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran dimana hal tersebut tidak terlepas dari peran guru yang kreatif dalam melaksanakan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah analisis kreativitas guru dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara rinci tentang kreativitas guru dalam pembelajaran di SDN Susukan 01 Kecamatan Ungaran Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi, pengecekan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dignakan untuk mencari data mengenai penyusunan RPP, bahan ajar, penggunaan metode pembelajaran, pemilihan media pembelajaran, kesulitan guru dan evaluasi yang dilakukan guru. Teknik observasi terhadap proses pembelajaran digunakan untuk mencari data ada atau tidaknya perangkat pembelajaran, pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru, pemilihan metode dan penggunaan media serta bahan ajar dalam proses pembelajaran, intrumen evaluasi, lembar kerja siswa dan hasil evaluasi. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mendapatkan informasi berupa dokumen RPP, instrument evaluasi dan hasil, serta foto dokumentasi pelaksanaan penelitian. Data diperoleh dari guru kelas sebanyak 12 orang. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, ditinjau dari lima aspek kreativitas guru yaitu merancang dan mempersiapkan pembelajaran, mengelola kelas, menggunakan metode yang variatif, memanfaatkan media pembelajaran dan melakukan evaluasi maka dapat disimpulkan bahwa kreativitas guru kelas di SDN Susukan 01 Kecamatan Ungaran Timur disimpulkan sangat baik dalam pembelajaran. Kata kunci: Kreativitas guru

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:44
Last Modified: 04 Dec 2023 02:45
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item