PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GEDANGANAK 03 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARAN

HEMI MUNFAIDAH, HEMI MUNFAIDAH (2023) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GEDANGANAK 03 KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARAN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
7. HEMI MUNFAIDAH KPT PGSD (19320025).pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Munfaidah, Hemi. 2023. Pengaruh Intensitas Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Gedanganak 03 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dr. Sutomo, M.Pd., Pembimbing Pendamping: Ridha Sarwono, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi kurang maksimalnya hasil belajar Matematika siswa dan intensitas belajar ketika di rumah yang masih rendah oleh siswa kelas V di SDN Gedanganak 03 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Rumusan masalahnya yaitu adakah pengaruh intensitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gedanganak 03 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh intensitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gedanganak 03 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas V. Teknik sampling menggunakan teknik sampling jenuh karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 24 Juli sampai 05 Agustus 2023. Variabel yang diteliti meliputi: intensitas belajar di rumah dan hasil belajar Matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket untuk mengukur hasil intensitas belajar ketika di rumah. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan melakukan uji linieritas dan normalitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas belajar di rumah berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji regresi linear sederhana, yaitu nilai Sign. lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05) atau ttabel yaitu 2,034 dari taraf signifikan 5% N=35, thitung > ttabel (5,279 > 2,034). Dengan koefisien determinasi sebesar 45,8 dibulatkan menjadi 46 atau 46% maka Ha diterima dan H0 di tolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar di rumah terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gedanganak 03 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Kata kunci: intensitas belajar di rumah, hasil belajar matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:41
Last Modified: 04 Dec 2023 02:41
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item