HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI KALIREJO UNGARAN TIMUR

PITRI WINARSIH, PITRI WINARSIH (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERHADAP PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS III DI MI KALIREJO UNGARAN TIMUR. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
6. Fitri Winarsih.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

Pitri Winarsih 2023, Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada pembelajaran Matematika kelas III MI Kalirejo kec. Ungaran Timur Kab. Semarang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dam Ilmu Pendidikan. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing I Drs. Praptiningsih, M,Si dan Pembimbing II Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Kemampuan komunikasi matematis memiliki peran penting salah satunya adalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis berhubungan positif terhadap pemecahan masalah pada pembelajaran matematika kelas III MI Kalirejo Kec.Ungaran Timur Kab.Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III MI Kalirejo Kec.Ungaran Timur Kab. Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas III A dan III B sejumlah 69 siswa yang merupakan sampel penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan instrument tes kemudian diolah dengan uji regresi terdiri dari uji asumsi dan uji t (uji hipotesis parsial). Hasil uji analisis pada kemampuan komunikasi matematis (X) terhadap kemampuan pemecahan (Y). Hasil uji t dapat diketahui bahwa t hitung sebesar 5,934 dan nilai signifikan sebesar 0,000. Nilai signifikan < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis berhubungan positif sihnifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Oleh karen aitu, hipotesis penelitian ini bahwa Ha =diterima, artinya ada hubungan yang signifikan kemampuan komunikasi matematis terhadap pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas III MI Kalirejo Kec. Ungaran Timur Kab. Semarang. Kata kunci : Kemampuan; Komunikasi Matematis; Pemecahan Masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 04:17
Last Modified: 02 Dec 2023 04:17
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item