PENGARUH TECHNOLOGICAL PEDAGOGIGAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG

DISTA PUSPITA RINI, DISTA PUSPITA RINI (2023) PENGARUH TECHNOLOGICAL PEDAGOGIGAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR (SD) NEGERI WONOYOSO KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
4. SKRIPSI _DISTA PUSPITA RINI.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Dista Puspita Rini. 2023. Pengaruh Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V di SD Negeri Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Skripsi, Program , Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Darul Ulum Islamic CentreSudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Dra. Praptiningsih, M.Si, Pembimbing Pendamping: Bagas Kurnianto, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya penggunaan teknologi pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Wonoyoso. Rumusan masalahnya yaitu apakah ada pengaruh technologicaal pedagogical content knowlegde (TPACK) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD negeri Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Technologicaal Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) terhadap hasil belajar ips pada siswa kelas V di SD Negeri Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experimental Design dengan desain penelitian yang digunakan The Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Wonoyoso. Siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 28 siswa, sedangkan siswa kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah28 siswa. Sampel dipilih secara Sampling Purposive dengan ukuran sampel 56 siswa. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 9 sampai 11 Maret di SD Negeri Wonoyoso. Variabel�variabel yang diteliti meliputi: TPACK dan Hasil Belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengukur hasil belajar IPS siswa kelas V. Pengujian hipotesis menggunakan uji paired T dengan melakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa technologicaal pedagogical content knowlegde (TPACK) berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Wonoyoso. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil uji hipotesis dengan rumus uji paired t, yaitu dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (6,46 > 2,06) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada pengaruh Technological Pedagogical Content Knowlegde (TPACK) terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SD negeri Wonoyoso Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Kata kunci: TPACK, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 04:08
Last Modified: 02 Dec 2023 04:08
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item