ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA SISWA KELAS 5 MI HIDAYATUL ATHFAL GEDANGANAK KABUPATEN SEMARANG

RISMA YOANA RIZK, RISMA YOANA RIZK (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED PADA SISWA KELAS 5 MI HIDAYATUL ATHFAL GEDANGANAK KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
3. RISMA.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Rizky, Risma Yoana. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Siswa Kelas 5 MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI. Pembimbing Utama: Puji Winarti, M.Pd, Pembimbing Pendamping: Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyajian soal yang masih menuntut siswa untuk mencari satu jawaban yang benar, sehingga berdampak pada pemahaman siswa bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang statis dan kurang fleksibel. Rumusan masalahnya yaitu bagaimanakah kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal open ended. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal open ended pada siswa kelas 5 MI Hidayatul Athfal Gedanganak Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu 3 siswa kelas 5 dengan tiga kategori berbeda (tinggi, sedang, rendah). Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah menggunakan teknik tes kemampuan literasi matematika (soal open ended), wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, ditinjau dari empat proses kemampuan literasi matematika yaitu identify (mengidentifikasi masalah), formulate (merumuskan), employe (menggunakan prosedur), dan interpret (menafsirkan) maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika tinggi mampu menyelesaikan soal open ended dan soal tertutup dengan baik, siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika sedang mampu menyelesaikan soal open ended dan soal tertutup dengan cukup baik siswa yang memiliki kemampuan literasi matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal open ended dan soal tertutup dengan baik. Kata kunci: Literasi Matematika, Soal Open Ended

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 04:03
Last Modified: 02 Dec 2023 04:03
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1326

Actions (login required)

View Item View Item