PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PAPAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMOWONO

AS’ADUN AKROM, AS’ADUN AKROM (2023) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PAPAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMOWONO. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
1. AS'ADUN AKROM) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN MENGGUNAKAN PAPAN PEMBAGIAN SISWA~1.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK As’Adun Akrom. 2023. Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Pembagian Menggunakan Papan Pembagian Siswa Kelas IV SD Negeri Sumowono Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. Tugas Akhir Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Islamic Center Universitas Darul Ulum Sudirman GUPPI Ungaran. Pembimbing Utama: Puji Winarti, M.Pd, Pembimbing: Yogi Ageng Sri Legowo, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran matematika materi pembagian di SD Negeri Sumowono. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pembagian di Kelas IV SD Negeri Sumowono dengan alat peraga papan pembagian ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan prestasi belajar mata pelajaran matematika materi pembagian menggunakan papan pembagian siswa Kelas IV SD Negeri Sumowono. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sumowono yang berjumlah 26 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan maret tahun pelajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini digunakan 2 teknik pengumpulan data yaitu: (1) Tes untuk mengetahui nilai hasil mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan desimal dan bilangan asli, (2) Observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk mengetahui keterampilan guru dan aktivitas siswa. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil mata pelajaran matematika materi pembagian bilangan desimal dan bilangan asli sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis keterampilan guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian adanya peningkatan presatasi belajar yang ditunjukkan dengan hasil tes evaluasi pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa (42,30%), Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 22 siswa (84,61%). terjadi peningkatan persentase terhadap keterampilan guru dari siklus I ke siklus II. Untuk keterampilan guru mendapat nilai 77,5 pada siklus I berada pada kategori baik dan meningkat menjadi 90 pada siklus II dalam kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa juga mengalami pada klasifikasi sangat baik dari 0% menjadi 15,39% atau sebanyak 4 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan ada peningkatan prestasi belajar mata pelajaran matematika materi pembagian mengggunakan papan pembagian pada siswa kelas IV SD Negeri Sumowono. Kata kunci : Matematika Materi Pembaian Mengggunakan Papan Pembagian

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:56
Last Modified: 02 Dec 2023 03:56
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item