KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SD Negeri Sutopati 4 Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022)

Basri, Basri (2023) KREATIVITAS GURU PAI DALAM PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di SD Negeri Sutopati 4 Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI Basri 18610028.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK BASRI. Kreativitas Guru PAI Dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SD Negeri Sutopati 4 Kelas IV Tahun Ajaran 2021/2022). Dengan adanya pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap dirumah saja, maka seluruh aktivitas dilakukan dari rumah salah satunya adalah belajar dari rumah dengan menggunakan fasilitas yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui proses pembelajaran PAI selama pandemi di SD Negeri Sutopati 4. (2) untuk mengetahui problematika apa yang dialami guru PAI selama pembelajaran dimasa pandemi di SD Negeri Sutopati 4. (3) untuk mengetahui bagaimanakah kreativitas guru PAI dalam pembelajaran di masa pandemic di SD Negeri Sutopati 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pendekatan kualitatif menekankan makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu), serta lebih banyak meneliti hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan kualitatif juga mementingkan proses daripada hasil akhir. Oleh karena itu urutan kegiatan dapat berubah-ubah tergantung pada kondisi dan banyaknya gejala-gejala yang ditemukan. Tujuan utama penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif adalah mengembangkan pengertian, konsep- konsep yang ada dan pada akhirnya menjadi teori. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) kegiatan belajar mengajar SD Negeri Sutopati 4 pada masa pandemi covid-19 menggunakan aplikasi whatsapp, aplikasi ini menjadikan media utama untuk menunjang pembelajaran selama pandemi. (2) problematika pembelajaran online yang dialami guru PAI SD Negeri Sutopati 4 dimasa pandemi covid-19 yaitu masih terbatasnya alat penunjang pembelajaran untuk siswa, baik smartphone ataupun jaringan yang memadai. (3) cara penyampaian materi yaitu guru memberikan materi berupa gambar dan video yang ada di youtube yang berkaitan dengan materi pelajaran, acuan yang digunakan guru yaitu buku paket dan buku lks. Kata kunci : Pendidikan Agama Islam, Kreativitas dalam pembelajaran darin

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:41
Last Modified: 02 Dec 2023 03:41
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item