IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PROGRAM TAḤFĪDẒ BAGI ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di MI Keji Tahun Ajaran 2021/2022)

BAROKFI MUMTAZ, BAROKFI MUMTAZ (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSI DALAM PROGRAM TAḤFĪDẒ BAGI ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di MI Keji Tahun Ajaran 2021/2022). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI Barokfi Mumtaz 18610011.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK BAROKFI. Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Program Taḥfīdẓ Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Di Mi Keji Tahun Ajaran 2021/2022). Anak berkebutuhan Khusus Tunagrahita yang ada di MI Keji sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Berbagai masalah dan kesulitan nyaris menghentikan kegiatan pendidikan inklusi di madrasah ini. Inovasi dan kretifitas dihadirkan MI Keji agar pendidikan inklusi tetap berjalan. Maka diluncurkanlah program unggulan madrasah yaitu program taḥfīdẓ yang menjadi solusi untuk mengimbangi ketersendatan pendidikan inklusi di MI Keji Ungaran Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusi bagi anak tungrahita di MI Keji Tahun Ajaran 2021/2022; (2) Untuk mengetahui implementasi program taḥfīdẓ di MI Keji Tahun Ajaran 2021/2022; (3)Untuk mengetahui implementasi pendidikan inklusi dalam program taḥfīdẓ di MI Keji Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dibagi dalam tiga alur kegiatan yaitu (1) reduksi data (data reduction); (2) penyajian data (data display); dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Program Taḥfīdẓ Bagi Anak Tunagrahita (Studi Kasus Di Mi Keji Tahun Ajaran 2021/2022) adalah (1) Pada tahun ajaran 2021/2022 terdapat 10 anak tunagrahita dimana anak tunagrahita yang diterima bersekolah di MI Keji merupakan anak tunagrahita yang mampu didik atau anak tunagrahita di kategori sedang dan ringan. Pelaksanaan Pendidikan inklusi di MI Keji bagi anak tunagrahita merupakan implementasi dari tujuan dan misi madrasah yaitu terlayaninya peserta didik berkebutuhan khusus dalam program inklusi dan menyelenggarakan pembelajaran yang ramah anak dengan menyelenggarakan pendidikan inklusi. (2) Program taḥfīdẓul Quran MI Keji dirintis pada tahun ajar 2014/2015. Metode yang digunakan dalam program taḥfīdẓ MI Keji sampai saat ini yaitu Metode Muri-Q. Program ini juga memiliki perencanaan program dan target hafalan dalam satu tahun ajaran di setiap jenjang kelasnya. MI Keji juga memiliki pondok pesantren bernama Pondok Pesantren Bumi Aji. (3) Penyelenggaraan program taḥfīdẓ ditujukan agar peserta didik berkebutuhan khusus maupun reguler memiliki jiwa Qurani, peduli dan berprestasi. Peserta didik berkebutuhan khusus yang ada di MI Keji memiliki kesempatan dan hak yang sama dalam program taḥfīdẓ di kelas yang sama. Diharapkan dengan program taḥfīdẓ ini dapat menjadi terapi untuk mereka. Kata kunci: pendidikan inklusi, program tahfidz, anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:38
Last Modified: 02 Dec 2023 03:38
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item