IMPLEMENTASI Project Based Learning BERBASIS TPACK DALAM PELAJARAN PAI SISWA KELAS VI DI SD NEGERI GULON 2 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Binti Samrotul Khoti, Binti Samrotul Khoti (2022) IMPLEMENTASI Project Based Learning BERBASIS TPACK DALAM PELAJARAN PAI SISWA KELAS VI DI SD NEGERI GULON 2 KECAMATAN SALAM KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI Binti Samrotul.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK BINTI SAMROTUL KHOTIMAH. Implementasi Project Based Learning Berbasis TPACK Dalam Pelajaran PAI Siswa SD Negeri Gulon 2 Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2021. Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pendididkan, yang mengarahkan pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta secara utuh terpadu, dan seimbang.Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) mengetahui implementasi Project Based Learning Berbasis TPACK di SD Negeri Gulon 2 (2) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasikan Project Based Learning Berbasis TPACK di SD Negeri Gulon 2. Penelitian ini adalah penelitian bersifat Kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri Gulon 2 dengan subjek penelitian kelas VI SD Negeri Gulon 2 berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran PAI, dilanjukan dengan teknik observasi di kelas VI pada saat KBM berlangsung, kemudian yang terakhir yaitu dengan teknik dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran dan data-data sekolah yang dibutuhkan. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Guru PAI SD Negeri Gulon 2 telah menerapkan metode Project Based Learning Berbasis TPACK pada mata pelajaran PAI di SD Negeri gulon 2 terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, tahapan evaluasi.(2) faktor pendukungnya berasal dari guru sarana prasarana yang mendukung, murid serta faktor lingkungan. Faktor penghambatnya data dari anak yang tidak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik misalnya bermain sendiri tidak mendengarkan apa yang guru sampaikan. Kata Kunci : Implementasi, Project Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 02 Dec 2023 03:11
Last Modified: 02 Dec 2023 03:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item