MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA PUTRA DESA KALIREJO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN 2022

Ainul Khakim, Ainul Khakim (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA PUTRA DESA KALIREJO KECAMATAN UNDAAN KABUPATEN KUDUS TAHUN 2022. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
13. SKRIPSI_Ainul Khakim.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK AINUL KHAKIM. Manajemen Pembelajaran di PondokPesantren Nurul Asna Putra Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus Tahun 2022. Skripsi. Ungaran Prodi Agama Islam FAI Undaris, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Nurul Asna Putra Desa Kalirejo Kecamatan Undaan Kabuapten Kudus, mulai dari perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluais pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data adalah kepala Madrasah Diniyah, Waka Kurikulum, dan 6 orang guru. Teknik Analisa data pada penelitian ini menggunakan Analisa deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga jalur yaitu; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian tentang Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Nurul Asna Putra diperoleh: 1) Perencanaan pembelajaran Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum tersedia; Pondok Pesantren Nurul Asna putra merupakan pendidikan nonformal, sehingga Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum mengetahui seluk beluknya; 2) pengorganisasian pembelajaran terstruktur dengan baik; menunjukkan adanya hubungan antara pimpinan, ustadz, pengurus sampai pada santri terdapat hubungan kerja sama yang baik dan hubungan kerja yang saling mendukung satu sama lain untuk tercapainya tujuan belajar; 3) pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan setiap hari Sabtu-Kamis pukul 15.30-1630 WIB dan pukul 19.30-21.30 WIB, dimulai dengan salam, ustadz menyampaikan materi pelajaran dengan menggunakan media whiteboard, spidol, kitab, dan diakhiri dengan tanya jawab. Ustadz menutup Pelajaran dengan doa dan salam; 4) evaluasi pembelajaran menggunakan evaluasi penempatan, calon siswa baru yang akan memasuki sekolah dinilai dahulu kemampuannya. evaluasi formatif, penilaian berupa tes yang diselenggarakan setelah satu pokok bahasan selesai dipelajari. evaluasi sumatif, penilaian berupa tes yang dilakukan setelah proses belajar mengajar selesai satu semester. Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, dan Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:09
Last Modified: 01 Dec 2023 07:09
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1301

Actions (login required)

View Item View Item