IMPLEMENTASI METODE MATCHING CARD PADA PELAJARAN TAJWID DI HALAQAH TAHFIDZ SMP DAARUL QUR'AN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023

M. Azzam Rahmadi, M. Azzam Rahmadi (2023) IMPLEMENTASI METODE MATCHING CARD PADA PELAJARAN TAJWID DI HALAQAH TAHFIDZ SMP DAARUL QUR'AN UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/ 2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
12.SKRIPSI_M Azzam Rahmadi.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat penting dalam proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran dapat mempengaruhi motivasi dan minat siswa dalam belajar, serta memengaruhi hasil belajar siswa. Strategi pengajaran yang inovatif dan kreatif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dan membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat menjadi lebih termotivasi ketika belajar. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut, sangat penting bagi pendidik untuk menggunakan strategi pengajaran yang sejalan dengan kebutuhan dan sifat kepribadian siswa. Dalam penelitian ini penulis memilih satu metode yakni Matching Card yang diharapkan melalui pemilihan strategi pembelajaran yang efektif akan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu tajwid. Metode ini digunakan karena dapat membantu siswa lebih memahami informasi bacaan secara visual dan meningkatkan hasil belajar mereka. Pendekatan ini juga diantisipasi untuk membuat belajar tajwid menyenangkan dan menginspirasi siswa untuk melakukannya. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diperlukan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ungaran. Data primer dalam penelitian ini adalah data-data yang peneliti dapatkan langsung dari Pesantren Tahfizh Daarul Qur’an Ungaran. Metode pengumpulan data menggunakan 3 metode, yaitu observasi, wawancara, studi literatur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis induktif, yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Tajwid menggunakan metode Matching Card pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berhasil memberikan peningkatan pemahaman dan motivasi belajar serta meningkatkan semangat para siswa dalam mempelajari ilmu tajwid terutama Mad. (2) Kedua, metode ini memiliki beberapa faktor pendukung yaitu, besarnya motivasi para santri dalam pembelajaran menggunakan metode ini, dilihat dari para santri yang antusias saat mengikuti, para santri terlibat interaksi langsung sehingga membuat para santri lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran tajwid di halaqah tahfizh, faktor lain adalah wujud dukungan PPPA Daarul Qur’an dalam pelaksanaan penelitian ini, adapun pihak pesantren mendukung penuh metode Matching Card untuk diterapkan dalam pembelajaran Tajwid di kelas maupun saat Halaqah Tahfidz. Sedangkan, factor penghalang metode ini adalah perbedaan wawasan siswa terkait Pelajaran dan keterbatasan waktu penelitian akan padatnya jadwal kegiatan siswa yang merupakan para santri di Pondok Pesantren Daarul Qur’an Ungaran. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Matching Card, Tajwid, Mad

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 01 Dec 2023 07:05
Last Modified: 01 Dec 2023 07:05
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1300

Actions (login required)

View Item View Item