PENERAPAN METODE TAHSIN PROGRAM BIN-NAḌAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL JANNAH KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023

Sirojul Baehaqi, Sirojul Baehaqi (2023) PENERAPAN METODE TAHSIN PROGRAM BIN-NAḌAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL JANNAH KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
8. SKRIPSI_Sirojul Baehaqi.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK SIROJUL BAEHAQI. Penerapan Metode Tahsin Program Bin-naḍar Santri Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Tahun 2023. Metode mempunyai peranan penting dan sangat dibutuhkan, dengan adanya metode keberhasilan belajar mengahafal Al-Qur’an dan meningkatkan hafalanaya secara terprogram. Disamping itu juga diharapkan nantinya dapat membantu hafalan menjadi efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah:(1) untuk mengetahui penerapan metode Tahsin bagi santri program Bin-naḍar dipondok pesantren Roudlotul Jannah tahun 2023; (2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Tahsin santri program Bin-naḍar dipondok pesantren Roudlotul Jannah tahun 2023. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Lokasi penelitian ini di Pondok Pesantren Roudlotul Jannah Dusun Krajan Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang Tahun 2023. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Penerapan metode Tahsin program bin-naḍar dilaksanakan tiga tahap yang meliputi :pertama perencanaan program Tahsin kedua pelaksanaan program Tahsin ketiga evaluasi program Tahsin. Dalam perencanaan program Tahsin, ada dua tahap yang pertama tes peenempatan dan yang kedua mempersiapkan absensi pembelajaran. Dalam pelaksanaan program Tahsin data yang didapat hasil wawancara dengan pengajar pada kegiatan inti pembelajaran yang pertama, menjelaskan mengenai mahkorijul huruf, yang kedua, menjelaskan tentang hukum-hukum tajwid, dan pertemuan yang ketiga menjelaskan tentang hukum tajwid dan mempraktikan makhorijul huruf. Kemudia untuk melihat kualitas mengenai ilmu Tahsin, santri�santri ustadz atau ustadzah menyimak satu persatu santri-santri dalam program bin-naḍar, dan menyetorkan bacaanya yang dinamakan posttes, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman-pemahaman santri sebagai indicator keberhasilan yang telah dilakukan setelah dilaksanakannya program Tahsin, dilakukan evaluasi, dalam pelaksanaan evaluasi dibagi menjadi kedalam dua tahap, tahap pertama khusus santri program bin-naḍar dan evaluasi ini dilaksanakan setiap hai untuk seluruh santri pondok pesantren Roudlotul Jannah baik santri program Tahsin,juz amma, dan program tahfidz.(2) Faktor pendukung adalah minat dan kemauan serta motivasi yang tinggi. Faktor penghambat adalah sarana dan prasarana, ada santri yang belum memahami dan minimnya waktu yang disediadakan. Kata Kunci : Metode Tahsin, Program Bin-naḍar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:20
Last Modified: 01 Dec 2023 04:20
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item