PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIBP) KELAS XI SMA N 2 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rofiqoh, Rofiqoh (2023) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (PAIBP) KELAS XI SMA N 2 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
7. SKRIPSI_Rofiqoh.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ROFIQOH. Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) Kelas XI SMA N 2 Ungaran Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Kurikulum dalam suatu Pendidikan merupakan hal yang penting dalam proses berjalannya pembelajaran disekolah, jika suatu sekolahtidak memiliki kurikulum dalam pembelajaran maka tidak akan berjalan sesuai dengantujuan yang akan dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar kelas XI di SMA N 2 Ungaran; (2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas XI SMA N 2 Ungaran; (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas XI SMA N 2 Ungaran. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA N 2 Ungaran. Variabel dalam penelitian ini yaitu kurikulum merdeka belajar (x) dan hasil belajar (y). Sampling dalam penelitian ini berjumlah 77 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini menunjukan : (1)Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA N 2 Ungaran memiliki kondisi yang cukup baik, hasil yang ada menunjukkan mean (rata-rata) dari variabel X mengenai Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA N 2 Ungaran dalam kondisi sedang, karena di atas interval (78-85). Artinya pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar berkualifikasi sedang untuk mempengaruhi hasil belajar. (2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAIBP tergolong sangat bagus. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik SMA N 2 Ungaran berada pada rata-rata 90-100 sebanyak 73 peserta didik yaitu 94,8% dari jumlah sampel. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar peserta didik atau sebagian besar peserta didik termasuk kualifikasi lulus amat baik. (3) Berdasarkan analisis data yang sesuai dengan pengujian hipotesis pada penelitian menggunakan uji korelasi biserial dengan hasil nilai signifikansi pengujian data adalah 0,816 memiliki hubungan yang sangat kuat, dan pada pengujian menggunakan uji T diperoleh hasil t-hitung yang diperoleh sebesar 2,02417 lebih besar daripada t-tabel sebesar 1,99210 (2,02417>1,99210) (thitung jatuh pada penolakan Ho). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat “Pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAIBP kelas XI SMA N 2 Ungaran Tahun pelajaran 2022/2023”. Kata kunci : penerapan kurikulum merdeka belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:10
Last Modified: 01 Dec 2023 04:10
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item