KONTRIBUSI PENGAJARAN KITAB WASHOYA AL-ABA’ LIL ABNA’ KARYA SYEKH MUHAMMAD SYAKIR DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSY SYIFA’ DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023

Muhammad Khoiruddin, Muhammad Khoiruddin (2023) KONTRIBUSI PENGAJARAN KITAB WASHOYA AL-ABA’ LIL ABNA’ KARYA SYEKH MUHAMMAD SYAKIR DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUSY SYIFA’ DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK TAHUN PELAJARAN 2022 / 2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
5. SKRIPSI_Muhammad Khoiruddin.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD KHOIRUDDIN. Kontribusi Pengajaran Kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna’ Karya Syekh Muhammad Syakir Di Pondok Pesantren Roudlotusy Syifa’ Dalam Upaya Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Banyaknya penyimpangan yang terjadi saat ini tidak terlepas dari perubahan pola pikir seseorang dalam menghadapi perubahan zaman, perkembangan IPTEK menjadikan faktor utama sikap seseorang dalam berperilaku, termasuk anak-anak, jika hal ini tdak di antisipasi dengan baik maka akan mengakibatkan lemahnya moral dalam diri mereka, pendidikan karakter merupakan solusi yang bisa diambil dalam mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini, adalah: (1) Untuk mengetahui kontribusi dari nilai-nilai karakter islami dalam kitab Washoya Al-Aba’ lil Abna’ karya Syekh Muhammad Syakir dalam upaya pembentukan karakter islami peserta didik di MTs Roudlotusy Syifa’. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan karakter islami peserta didik di MTs Roudlotusy Syifa’ menurut kitab Washoya Al-Aba’ lil Abna’. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dari data yang ditemukan dilapangan secara nyata. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan studi kepustakaan yang diambil dari sebuah dokumentasi dari kitab Washoya Al�Aba’ lil Abna’, yang kemudian diterapkan dalam upaya pembentukan karakter islami peserta didik di MTs Roudlotusy Syifa’. Hasil penelitian menunjukan: (1) Nilai-nilai pendidikan karakter di pondok pesantren Roudlotusy Syifa yaitu: a) Religius / islami, b) Patuh terhadap Gur dan orang tua, c) Disiplin dan bertanggung jawab, d) Sopan santun, e) Saling menghargai, f) Bersikap jujur dan berperilaku amanah, g) Menepati janji. (2) Faktor pendukung, a) Lingkungan keluarga, b) Lingkunga sekolah, c) Kerjasama serta komunikasi yang baik antar lembaga dan kalangan d) Fasilitas yang baik e) Interaksi antara guru dan peserta didik, f) Kemauan dari diri peserta didik. Factor penghambat, a) Kurangnya tenaga pendidik, b) Lingkungan sekitar, c) Kemauan dalam diri sendiri, d) Kurangnya figure panutan e) Perkembangan teknologi. Kata kunci : Pendidikan karakter islami dalam kitab Washoya Al-Aba’ lil Abna’

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 01 Dec 2023 04:04
Last Modified: 01 Dec 2023 04:04
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1289

Actions (login required)

View Item View Item