Feronica Maya Sulistiani, Feronica Maya Sulistiani (2023) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI KELAS III MI NURUL HUDA 02 REMBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.
Text
4. SKRIPSI_Feronica Maya S..pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK FERONICA MAYA SULISTIANI. Implementasi Metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Kelas III MI Nurul Huda 02 Rembes Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Ungaran Program Studi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2023. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi metode mind mapping pada mata pelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas III MI Nurul Huda 02 Rembes tahun pelajaran 2022/2023. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas III MI Nurul Huda 02 Rembes tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dilakukan dengan asumsi dasar dari berbagai teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memahami perilaku secara alami dari sebuah fenomena sosial. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta penggunaan teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi metode mind mapping pada mata pelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas III MI Nurul Huda 02 Rembes tahun pelajaran 2022/2023 berjalan dengan baik, peserta didik menjadi lebih kreatif dan aktif mengikuti pembelajaran serta terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dengan melalui proses perencanaan, pelaksanaan, serta penilaian. Perencanaan implementasi metode mind mapping pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas III MI Nurul Huda 02 Rembes tahun pelajaran 2022/2023 mempersiapkan perangkat pembelajaran Program Tahunan, Program Semester, Silabus Pembelajaran, RPP dan materi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dan pembuatan karya mind mapping dilakukan secara berkelompok dengan tema, warna, dan gambar sesuai dengan kreativitas peserta didik melalui tahap pendahuluan, pelaksanaan, dan penutup. Pendahuluan dimulai dengan berdoa, menyanyikan lagu nasional, dan pembiasaaan literasi. Kegiatan inti dimulai dengan menyiapkan alat dan bahan pembelajaran, membaca, mengartikan, dan menghafalkan ayat Al-Qur’an atau Hadis yang dibahas, membuat karya mind mapping, dan berdiskusi secara berkelompok. Penutup dilakukan dengan menyimpulkan materi pembelajaran dan melakukan penilaian melalui aspek pengamatan sikap, pengetahuan melalui tes tertulis, dan keterampilan dalam praktek dan unjuk kerja. (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan metode mind mapping pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas III MI Nurul Huda 02 Rembes tahun pelajaran 2022/2023 muncul dari aspek kepala madrasah, pendidik, peserta didik, sarana prasarana dan sumber belajar yang digunakan. Kata Kunci : Implementasi, Metode Mind Mapping, Al-Qur’an Hadis
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 04:00 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 04:00 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1288 |
Actions (login required)
View Item |