STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA JASA VARIASI MOBIL “FARHAN VARIASI MOBIL” DI KABUPATEN SEMARANG

Muhammad Khoironi, Muhammad Khoironi (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN METODE ANALISIS SWOT PADA JASA VARIASI MOBIL “FARHAN VARIASI MOBIL” DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
38. SKRIPSI KHOIRONi.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Di era saat ini, bisnis-bisnis menghadapi persaingan yang semakin ketat untuk memenangkan pasar. Salah satu usaha yang menghadapi permasalahan tersebut di Kabupaten Semarang adalah usaha modifikasi mobil ―Farhan Variasi Mobil‖. Maka dari itu, diperlukan suatu strategi pengembangan usaha agar ―Farhan Variasi Mobil‖ dapat bertahan di era persaingan yang semakin ketat. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor internal dan eksternal terkait permasalahan yang terjadi dan menentukan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dialami Farhan Variasi Mobil. Jenis penelitian ini Penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian diambil menggunakan teknik probability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, arsip-arsip yang ada di Farhan Variasi Mobil dan didukung dengan studi literatur yang berhubungan topik yang sama. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT yang digunakan untuk mengembangkan potensi pada organisasi serta untuk mengetahui faktor internal maupun faktor eksternal organisasi. Hasil analisis SWOT yang telah di lakukan pada Farhan Variasi Mobil dapat di ketahui bahwa Farhan Variasi Mobil berada diposisi kuadran I yang berarti memiliki posisi kompetitif yang kuat. Strategi yang sesuai untuk perusahaan yang berada pada kuadran I adalah pengembangan pasar (market development), pengembangan produk (product development) dan integrasi horizontal. Adapun kebijakan yang dapat diambil Farhan Variasi Mobil dari segi harga yaitu memberikan potongan harga atau buy 1 get 1, strategi premium pricing dan membangun brand image. Sedangkan kebijakan yang dapat diambil Farhan Variasi Mobil dari segi kualitas yaitu memberikan kualitas bahan terbaik agar produk tidak mudah patah dan rusak, memberikan jaminan garansi produk dan menghasilkan produk menarik & berbeda dari sebelumnya. Kata Kunci: Analisis SWOT, Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, Omset Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:43
Last Modified: 30 Nov 2023 07:43
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item