PENERAPAN BAURAN PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA PENGGUNAAN APLIKASI AKSESMU PT. SUMBER TRIJAYA LESTARI – SP TAMBAKBOYO

Danu Murdiarso, Danu Murdiarso (2023) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA PENGGUNAAN APLIKASI AKSESMU PT. SUMBER TRIJAYA LESTARI – SP TAMBAKBOYO. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
36. Skripsi danu murdiarso.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK PT. Sumber Trijaya Lestari adalah sebuah peseroan terbatas yang bergerak di bidang perdagangan besar beraneka macam barang dan aktivitas pengembangan aplikasi perdagangan melalui internet menggunakan portal web dan platform digital dengan tujuan komersial. Aplikasi aksesmu merupakan aplikasi belanja online milik PT. Sumber Trijaya Lestari sebagai alat pemesanan barang dagangan dengan harga grosir. Beberapa fitur yang belum jalan, stok barang yang terbatas, harga yang kurang bersaing serta budaya kerja yang tidak sesuai standar berimbas pada berkurangnya minat konsumen untuk berbelanja melalui aplikasi aksesmu sehingga mengakibatkan pencapaian penjualan selama 6 bulan pada oktober 2021 hingga maret 2022 tidak mampu mencapai target. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana menentukan formulasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada PT. Sumber Trijaya Lestari cabang stock point tambakboyo.Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan formulasi strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada PT. Sumber Trijaya Lestari cabang stock point tambakboyo. Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT yang dilakukan dengan menyusun dan menentukan faktor internal perusahaan dan eksternal perusahaan untuk menentukan matriks SWOT. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh member pada stock point tambakboyo, karyawan dan pesaing. Dengan sampel 1 orang area coordinator/supervisor, 1 orang kepala toko, 2 orang karyawan aplikasi aksesmu dan 6 orang member aktif dan 2 orang karyawan aplikasi SRC sebagai pesaing. Total sampel sebanyak 12 orang diambil menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling . Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis SWOT didapatkan 5 formulasi strategi bahwa (1) Aplikasi Aksesmu dapat bekerja sama dengan aplikasi e-commerce lainnya sebagai alat pembayaran seperti gopay, shopeepay ataupan dana. Dengan ini aksesmu dapat mendapatkan benefit berupa memberikan kemudahan untuk konsumen dalam pembayaran serta penambahan pangsa pasar dan semakin dikenal masyarakat luas. (joint venture) (2) Dalam hal penambahan pangsa pasar dan meningkatkan pendapatan, aksesmu juga bisa bekerja sama dengan aplikasi belanja satuan/ecer seperti alfagift atau blibli (integrasi horizontal). (3) Melakukan strategi pemasaran dengan memberikan harga yang bersaing, serta pemberian sumber daya manusia yang kompeten untuk bersaing didalam mencari orderan. Terutama untuk barang yang kurang laku jual. (4) Memberikan fitur menu ambil ditempat untuk pembelian dibawah 100.000 sehingga meminimalisir biaya bahan bakar pengiriman. (5) Aplikasi aksesmu dapat bekerja sama dengan pihak jasa pengiriman seperti JNT atau JNE untuk menghapus batasan wilayah orderan yang masuk. Kata kunci : strategi pemasaran, analisis SWOT, aksesmu, e-commerce

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:37
Last Modified: 30 Nov 2023 07:37
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item