PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN GOJEK DI KABUPATEN SEMARANG

MUFIDA INDAH AFIANA, MUFIDA INDAH AFIANA (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA LAYANAN GOJEK DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
29.mufida.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pengguna jasa transportasi online banyak menuliskan keluhannya di media online. Masyarakat mengeluhkan sulitnya mendapatkan driver saat memesan pada aplikasi Gojek. Banyaknya keluhan dari konsumen Gojek tersebut menunjukkan penurunan kepuasan mereka terhadap Gojek. Kepuasan dari konsumen di pengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya kualitas pelayanan, harga dan relationship marketing . Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh kualitas pelayanan, harga dan relationship marketing terhadap kepuasan konsumen pada layanan Gojek di Kabupaten Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan relationship marketing terhadap kepuasan konsumen pada layanan Gojek di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih (Sudjana, 2017). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan, harga, relationship marketing, sebagai variabel independen dan kepuasan konsumen sebagai variabel dependen.. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Gojek di Kabupaten Semarang, dengan sampel sebanyak 97 orang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling (tidak seluruh populasi diambil). Kualitas pelayanan, harga, relationship marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada layanan gojek di kabupaten semarang dengan nilai koefisien korelasi masing-masing untuk kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen sebesar 0,657 dan harga dengan kepuasan konsumen sebesar 0,631 dan relationship marketing dengan kepuasan konsumen sebesar 0,643 yang apabila diinterprestasikan kecenderungannya termasuk dalam kategori kuat. Kualitas pelayanan, harga, relationship marketing juga mempunyai koefisien regresi kualitas pelayanan 0,727, harga sebesar 0,590, dan relationship marketing sebesar 0,572 artinya kualitas pelayanan, harga, dan relationship marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Koefisien Uji t untuk kualitas pelayanan sebesar 2.462, harga sebesar 3,018, relationship marketing sebesar 3.391 dan koefisien regresi kepuasan konsumen sebesar 38.553. Pengaruh kualitas pelayanan, harga, relationship marketing secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada layanan gojek di kabupaten semarang yang ditunjukan dari hasil uji determinasi sebesar 54,0% dengan nilai Fhitung sebesar 2,462 yang lebih besar dari Ftabel 1,985 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Relationship marketing Kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:56
Last Modified: 30 Nov 2023 03:56
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item