PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 9 SEMARANG (Studi pada SMA Negeri 9 Semarang

WIHARSI, WIHARSI (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 9 SEMARANG (Studi pada SMA Negeri 9 Semarang. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
28.Skripsi Wiharsi.pdf

Download (26MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Kinerja guru merupakan kinerja atau unjuk kerja yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kepemimpinan transformasional adalah pemimpin yang menginspirasi para pengikutnya untuk menyampingkan kepentingan pribadi mereka demi kebaikan organisasi dan mampu memiliki pengaruh yang luar biasa pada diri para pengikutnya. Kepuasan kerja adalah sikap umum terhadap pekerjaan seseorang yang menunjukkan perbedaan anatar jumlah penghargaan yang diterima pekerja dan jumlah yang mereka yakini seharusnya mereka terima.Motivasi kerja merupakan sebagai semangat kerja yang ada pada karyawan yang membuat karyawan tersebut dapat bekerja untuk mencapai tujuan. Akan tetapi ada permasalahan yang dihadapi di SMA Negeri 9 Semarang dalam menghadapi kinerjanya seperti Kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 9 Semarang . Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru di SMA Negeri 9 Semarang (2) mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 9 Semarang(3) mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 9 Semarang (4) mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, motivasi kerja, terhadap kinerja guru di SMA Negeri 9 Semarang Metode penelitiannya adalah kuantitatif, jenis penelitiann yang digunakan adalah asosiatif research, populasi atau sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri 9 Semarang. Teknik pengambilan sampelnya dengan metode probability sampling dengan teknik random sampling. Menggunakan kuesioner dengan populasi sebanyak 61 responden dan sampel sebanyak 20 responden pembanding atau pengontrol, dengan skala likert dalam mengukur setiap variabelnya . Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi, regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS versi 26 . Hasil yang diperoleh pada penelitian ini uji t diperoleh 3,386 yang lebih besar dari t tabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,005 ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional secara parsial berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kinerja guru SMA Negeri 9 Semarang. Kepuasan kerja secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikansi terhadap kinerja guru SMA Negeri 9 Semarang ini dapat dilihat dari t hitung sebesar 6,298 yang lebih besar dari t tabel 2,002 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,005. Hasil lainnya menunjukkan bahwa motivasi kerja secara parsial juga berpengaruh signifikansi terhadap kinerja guru SMA Negeri 9 Semarang , karena diperoleh nilai t hitung sebesar 3,148 yang lebih besar dari t tabel 2,002 dan nilai sginifikansi 0,003yang lebih kecil dari 0,005, Sedangkan pengaruh secara simultan diperoleh f_hitung 89,491> f_tabel 2,77 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya kepemimpinan transformasional,kepeuasan kerja, dan motivasi kerja secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikansi terhadap kinerja guru SMA Negeri 9 Semarang. Kata Kunci : Kinerja guru, kepemimpinan transformasional, kepuasan kerja, motivasi kerja

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 30 Nov 2023 03:51
Last Modified: 30 Nov 2023 03:51
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item