PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE

WAHYU CHOIRUL ‘ULYATI, WAHYU CHOIRUL ‘ULYATI (2023) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA MARKETPLACE SHOPEE. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
8. Wahyu Choirul 19510109 new.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi saat ini mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan aktivitas jual beli. Masyarakat banyak melakukan aktivitas jual beli secara online melalui marketplace. Shopee merupakan marketplace yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Proses pembelian melalui online didukung oleh fitur yang disediakan oleh pihak marketplace, yaitu Online Customer Review, Online Customer Rating. Melalui fitur tersebut konsumen yang akan membeli dapat mengetahui bagaimana produk yang akan dibeli. Kualitas Produk merupakan hal yang penting dalam pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian secara Online pada Marketplace Shopee. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee. Sampel yang digunakan adalah 96 orang dengan metode purposive sampling yang mempunyai kriteria konsumen pernah melakukan transaksi di Shopee. Analisis data yang digunakan dalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji korelasi, uji analisis regresi, uji koefisien determinasi (Adj R Square), uji t, uji f dengan menggunakan perhitungan program aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisa perhitungan yang telah dilakukan, uji t variabel Online Customer Review mempunyai nilai (2.383>1.98608) dengan tingkat sig. 0,019<0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikansi antara variabel Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Online Customer Rating mempunyai nilai (3.793>1.98609) dengan tingkat sig. 0,00<0,050 yang artinya terdapat pengaruh signifikansi antara Online Customer Rating terhadap variabel Keputusan Pembelian. Variabel Kualitas Produk mempunyai nilai (0,403<1,98609) dan mempunyai nilai sig 0,688>0,050 yang artinya tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian. Hasil statistik uji F diperoleh nilai hitung 29.065>2.70 dan mempunyai nilai sig 0,00<0,050 yang artinya terdapat pengaruh simultan antar variabel Online Customer Review, Online Customer Rating, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Kata Kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:05
Last Modified: 29 Nov 2023 03:05
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item