PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, NILAI BELANJA HEDONIS DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E- COMMERCE BLIBLI DI KABUPATEN SEMARANG

Khofifah, Diah Setiawati (2023) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN, NILAI BELANJA HEDONIS DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA E- COMMERCE BLIBLI DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
6. khofifah diah.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Pembelian impulsif adalah pembelian yang dilakukan tanpa adanya perencanaan dari konsumen.Fenomena pembelian impulsif sedang ramai dikalangan masyarakat karena semakin banyaknya produk yang dipasarkan dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara online. E-commerce merupakan salah satu wadah memasarkan produk dengan mempertemukan penjual dan pembeli secara online. Saat terjadi wabah virus covid-19 belanja online meningkat darastis karena pembatasan sosial, sehingga semua aktvitas masyarakat dari sekolah, bekerja, dan belanja dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan, nilai belanja hedonis, dan pergaulan teman sebaya terhadap pembelian impulsif pada e-commerce Blibli di Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, teknik sampling yang digunakan adalah sampling yaitu nonprobability sampling dan metode yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kabupaten Semarang yang berbelanja online di e-commerce Blibli. Sampel yang digunakan sebanyak 85 responden, dengan sumber data primer dari penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik analisis daya yang digunakan berupa : uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi sederhana dan berganda, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi, uji t dan uji F, dengan program pengolah data yaitu SPSS versi 26. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa promosi penjualan memperoleh t hitung sebesar 1,228 < t tabel sebesar1,990 dengan nilai probabililtas sebesar 0,223 > 0,05 yang artinya H0 ditetima dan Ha ditolak. Variabel nilai belanja hedonis memperoleh t hitung sebesar 4,019 > t tabel sebesar 1,990 dengan nilai probabililtas sebesar 0,000 <0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Variabel pergaulan teman sebaya memperoleh t hitung sebesar 8,535 > t tabel sebesar1,990 dengan nilai probabililtas sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha di terima. Hasil statistik uji F diperoleh dari F hitung 79,057 > F tabel sebesar 2,72 dengan nilai probabilitas 0,000<0,05 dapat dikatakan bahwa promosi penjualan (X1), nilai belanja hedonis (X2), pergaulan teman sebaya (X3) secara simultan berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada e-commmerce Blibli di Kabupaten Semarang. Kata kunci : Pembelian impulsif, Promosi Penjualan, Nilai Belanja Hedonis, Pergaulan Teman Sebaya

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:42
Last Modified: 29 Nov 2023 02:42
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item