PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI NAHDHOTUL ATHFAL TRASAN KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Etik, Wahyuasih (2021) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DALAM MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI MI NAHDHOTUL ATHFAL TRASAN KECAMATAN BANDONGAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI ETIK 2022.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ETIK WAHYU ASIH, 18.61.0044. Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI di MI Nahdhotul Athfal Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Ungaran. Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2021. Pandemi Covid-1 menimbulkan adanya kebijakan belajar dari rumah yang merubah pola belajar para siswa dan guru dari sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran daring (online). Perhatian dari orang tua pada masa pandemi Covid-19 ini memiliki peran penting karena orang tua lebih banyak memiliki kesempatan dalam membimbing anaknya belajar dari pada guru di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perhatian orangtua dalam masa pandemi Covid-19 terhadap siswa kelas VI di MI Nahdhotul Athfal Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022; (2) untuk mengetahui prestasi siswa kelas VI di MI Nahdhotul Athfal Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022; (3) untuk mengetahui pengaruh antara perhatian orang tua dalam masa pandemi Covid-19 terhadap prestasi belajar siswa kelas VI di MI Nahdhotul Athfal Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di MI Nahdhotul Athfal Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Variabel penelitian ini adalah perhatian orang tua dalam masa pandemi Covid�19 (x) dan prestasi belajar siswa kelas VI (y). Sampling dalam penelitian ini berjumlah 26 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perhatian orangtua dalam masa pandemi Covid-19 dikategorikan tinggi hal ini ditunjukkan Perhatian orang tua pada interval 131-152 ( kategori tinggi) sebanyak 13 orang dengan prosentase sebesar 50,00%; (2) Prestasi belajar siswa kelas VI di MI Nahdhatul Athfal Trasan dikategorikan sedang , hal ini terlihat pada pada interval 72-81 (kategori sedang) terdapat 14 anak dengan prosentase 53,85%; (3)Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orangtua dalam masa pandemi Covid-19 dan prestasi belajar siswa kelas VI di MI Nahdhotul Athfal Trasan Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini berdasarkan hasil hitung korelasi product moment diperoleh 0,585 lebih besar dari angka dalam tabel r product moment pada N = 26 dan taraf signifikansi 5% adalah 0,388. Namun walaupun ada pengaruh yang signifikan, berdasarkan kofesien determinasi pengaruh perhatian orangtua dalam masa pandemi Covid-19 terhadap prestasi belajar siswa kelas VI hanya sebesar 34,5% sedangkan sisanya yaitu 65,5% adalah dari faktor lain yang tidak diteliti. Kata kunci: perhatian orang tua, prestasi belajar siswa, pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:17
Last Modified: 29 Nov 2023 02:17
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item