IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ANAK SESUAI ROSULULLOH MENURUT MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIẒ SUWAID DALAM KITAB MANHAJ AT-TARBIYYAH AN-NABAWIYYAH LIṬ�ṬIFL

Islahudin, Islahudin (2022) IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN ANAK SESUAI ROSULULLOH MENURUT MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIẒ SUWAID DALAM KITAB MANHAJ AT-TARBIYYAH AN-NABAWIYYAH LIṬ�ṬIFL. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UPT. Perpustakaan Undaris.

[img] Text
SKRIPSI Intan Nurma Pamuji.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ISLAHUDIN. Implementasi Konsep Pendidikan Anak Sesuai Rosululloh Menurut Muhammad Nur Abdul Hafiẓ Suwaid Dalam Kitab Manhaj At-Tarbiyyah An-Nabawiyyah Liṭ-Ṭifli, Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2022. Pendidikan anak merupakan faktor terpenting dalam pembentukan generasi yang terjaga dari segala penyimpangan-penyimpangan. Pendidikan anak sesuai dengan konsep yang telah diajarkan Rosululloh bertujuan agar membentuk pribadi muslim dan masyarakat muslim serta menyelamatkan manusia dari kebimbangan dan membimbing menuju jalan hidayah kepada akidah yang benar dan persepsi Islam bagi manusia, alam, dan kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) konsep pendidikan anak ala Rosululloh dalam mendidik anak menurut Muhammad Nur Abdul Hafiẓ Suwaid dalam kitab Manhaj At-Tarbiyyah An�Nabawiyyah Liṭ-Ṭifli; (2) Mengetahui implementasi pendidikan Rosululloh dalam mendidik anak menurut Muhammad Nur Abdul Hafiẓ Suwaid dalam kitab Manhaj At-Tarbiyyah An-Nabawiyyah Liṭ-Ṭifli di Pondok Pesantren Zaid Bin Tsabit pada Anak Usia SMP Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekantan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan skunder. Pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara meredusi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan anak sesuai Rosululloh menurut Muhammad Nur Hafidz Suwaid dalam kitab Manhaj At�Tarbiyyah An-Nabawiyyah Lith-Thifli diantaranya memuat pada lima aspek yaitu; persiapan orang tua dan para pendidik dalam pendidikan anak, konsep dasar pendidikan yang ditujukan kepada orang tua dan para pendidik yang komitmen dengannya, konsep dasar intelektual yang berpengaruh pada akal anak, konsep dasar psikologi yang berpengaruh pada psikis anak, membangun karakter. (2) Implementasi konsep pendidikan anak sesuai Rosululloh menurut Muhammad Nur Abdul Hafiẓ Suwaid dalam kitab Manhaj At-Tarbiyyah An-Nabawiyyah Liṭ-Ṭifli di Pondok Pesantren Zaid Bin Tsabit kurang berhasil dikarenakan kurangnya intensitas waktu atas konsep yang dijalankan. .Kata kunci: Pendidikan Anak, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 02:02
Last Modified: 29 Nov 2023 02:02
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item