MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KYAI ABDAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021/

Leni Lestar, Leni Lestar (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH KYAI ABDAN DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2021/. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
Skripsi LENI Lestari.pdf

Download (959kB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK LENI LESTARI. Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Darul Hikmah Kyai Abdan di Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021/2022. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2021. Pondok Pesantren Darul Hikmah Kyai Abdan merupakan pondok pesantren putra putri dengan program unggulan Tahfidzul Qur’an peninggalan K.H Rohmatulloh Abdan yang berlokasi di Jln. Balak No.02-03 Kembang Kuning Pakis Magelang. Sebenarnya sudah dari dulu adanya program tahfidzul qur’an ini tapi mulanya berkembang pesat saat munculnya pandemi covid-19 dan mulai adanya kurikulum terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan kurikulum di pondok pesantren darul hikmah kyai abdan tahun 2021/2022. (2) Mengetahui implementasi kurikulum di pondok pesantren darul hikmah kyai abdan tahun 2021/2022. (3) Mengetahui pengawasan kurikulum di pondok pesantren darul hikmah kyai abdan tahun 2021/2022. (4) Mengetahui evaluasi kurikulum di pondok pesantren darul hikmah kyai abdan tahun 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditunjukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara menginterpretasi terhadap data yang disusun secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kurikulum pondok pesantren darul hikmah kyai abdan adalah: (1) Dalam perencanaan diadakan pembentukan tim yang meliputi beberapa pengurus di pondok pesantren darul hikmah kyai abdan untuk pembuatan kurikulum dan dirapatkan di wali santri. (2) Implementasi dalam mengembangkan pendidikan ilmu Al-Qur’an sesuai dengan K.H Maftuh Batshul Birri Lirboyo Kediri dengan mengedepankan nasab yang dipercayai akan keberkahannya dan mengikut sertakan pesantren tersebut menggunakan metode yang telah diajarkan, baik langsung dari beliau ataupun dari beberapa kitab beliau. (3) Dalam pengawasan santri harus mempunyai kartu prestasi hafalan dan bapak kyai terjun langsung untuk mengeceknya. (4) Untuk evaluasi santri diadakan tes setiap akhir semester atau setengah tahun sekali. Kata kunci : Kurikulum Pondok Pesantren, Tahfidzul Qur’a

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 29 Nov 2023 01:58
Last Modified: 29 Nov 2023 01:58
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1216

Actions (login required)

View Item View Item