IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Maria Ulfania, Maria Ulfania (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PESANTREN DI KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
Maria Ulfania FAI 2022.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK MARIA ULFANIA Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Demak Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS 2022 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Demak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Demak, apa saja faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Negeri Demak. Permasalahan dibahas melalui studi lapangan, sebagai sumber data ialah kepala madrasah untuk mendapatkan potret pelaksanaan pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode yang di gunakan untuk memperoleh data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang di kumpulkan kemudian di susun dan di analisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Melalui tahapan data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Metode dan pendekatan implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di MAdrasah Aliyah Negeri Demak yaitu keteladanan dan pembiasaan.Faktor Pendukung implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri Demak adalah lingkungan yang kondusif dan strategis serta adanya jiwa keikhlasan dari para Guru membimbing para siswa tanpa mengenal lelah. 2) Sedangkan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren di Madrsah Aliyah Negeri Demak adalah karakteristik siswa yang berbeda-beda. Berdasarkan data tersebut peneliti menyimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis pesantren telah mampu berperan dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Aliyah Negeri Demak didukung oleh elemen utama madrasah yakni seorang Guru. Karena semua itu tidaklah terlepas dari peranan seorang Guru dalam menghasilkan anak didik yang berkarakter atau berakhlak yang mulia. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pesantren, Belajar Mengajar, Madras

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:50
Last Modified: 28 Nov 2023 07:50
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item