KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT JALALUDIN RAKHMAT DALAM BUKU TEOLOGI PENDIDIKAN

Linda, Khoirunni'm (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT JALALUDIN RAKHMAT DALAM BUKU TEOLOGI PENDIDIKAN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI Linda khoirunni'mah.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK LINDA KHOIRUNNI'MAH. Konsep Pendidikan Islam Menurut Jalaludin Rakhmat dalam Buku Teologi Pendidikan. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2022. Pendidikan adalah sesuatu yang universal dan berlangsung terus tak terputus dari zaman ke zaman di dunia ini. Upaya memanusiakan manusia diselengarakan sesuai dengan tujuan pendidikan, pandangan hidup dan dalam latar sosial kebudayaan setiap masyarakat terbentuk dan tersusun dari cara pendidikan yang di peroleh. Selain itu Jalaludin Rakhmat pada dasarnya merupakan tokoh yang banyak menyumbangkan ide-ide kontribusi serta pemikiranya dalam pendidikan pada umumnya dan termasuk pendidikan Islam pada khususnya. Maka dari itu penulis tertarik untuk mencoba mengkaji pemikiran Jalaludin Rakhmat. Bagaimana Konse ppendidikan Islam menurut Jalaludin Rakhmat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, dan pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi dan observasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam menurut Jalaludin Rakhmat yaitu: (1) Pengertian pendidikan Islam Terdapat tiga istilah umum yang digunakan dalam pendidikan Islam yaitu al-Tarbiyah, al-Ta'dib, dan al-Ta'lim. Dalam konteks ini akan dijelskan secara runtut pendidikan Islam yang sekaligus menggambarkan apa yang dimaksud dengan pendidikan secara umum. (2) Dasar pendidikan Islam menempatkan manusia sebagai makhluk ciptaan Allah. Dengan demikian manusia sebagai objek dan sekaligus subyek pendidikan yang tidak bebas nilai. Maka dalam menjalani kehidupan sikap dan perilakunya sejalan dengan hakikat, manusia akan mendapatkan kehidupan yang bahagia dan bermakna. (3) Pencapaian tujuan pendidikan Islam itu bagaimanapun tidak mungkin dilakukan sekaligus secara serentak. Maka dari itu pencapaian tujuan harus dilakukan secara bertahap dan berjenjang. (4) Peserta didik secara garis besar dapat ditinjau dari dua sisi, yaitu kriteria formal dan kriteria berdasarkan usia. (5) seorang pendidik paling tidak memeiliki lima kriteria. Berdasarkan lima kriteria tersebut seseorang layak dikategorikan sebagai pendidik menurut konsep pendidikan. Kelima kriteria dasar itu adalah betaqwa kepada Allah, ikhlas, berilmu, sabar dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. (6) Kurikulum adalah sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau sejumlah pengetahuan yang harus dikuasai untuk mencapai suatu tingkat atau ijazah.(7) Alat pendidikan dapat berbentuk tindakan, perbuatan, situasi atau benda yang dapat sengaja diadakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kata kunci :Konsep Pendidikan Islam, Jalaludin Rakhm

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:47
Last Modified: 28 Nov 2023 07:47
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item