EFEKTIVITAS PENERAPAN KITAB TUḤFATUL AṬFAL DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MA’AHIDUL ‘IRFAN DESA GANDUSARI KECAMATAN BANDONGAN TAHUN 2021

Miftahul Karim, Miftahul Karim (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN KITAB TUḤFATUL AṬFAL DALAM MENINGKATKAN KEFASIHAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN MA’AHIDUL ‘IRFAN DESA GANDUSARI KECAMATAN BANDONGAN TAHUN 2021. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI M. KARIM.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK MIFTAHUL KARIM. Efektivitas Penerapan Kitab Tuḥfatul Aṭfal Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan Desa Gandusari Kecamatan Bandongan Tahun 2021. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2021. Al-Qur'an memiliki kedudukan sebagai sumber utama hukum Islam, kemampuan membaca Al-Qur'an tidak lepas dari kegiatan belajar. Sebelum membaca Al-Qur’an hendaklah mempelajari terlebih dahulu ilmu tajwid. Ilmu tajwid juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang kaidah-kaidah pengucapan huruf, menjelaskan tentang hukum-hukum bacaan dan tentang waqof atau tanda berhenti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan kitab Tuḥfatul Aṭfal di Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan Desa Gandusari Kecamatan Bandongan tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan untuk memahami fenomena sosial dari pandangan perilakunya. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Ma’ahidul ‘Irfan. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi dan tes. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kitab Tuḥfatul Aṭfal dalam meningkatkan kefasihan dalam membaca Al-Qur’an di pondok pesantren Ma’ahidul ‘Irfan sangat efektif. Dibuktikan dengan santri yang tadinya belum bisa atau belum fasih dalam membaca Al-Qur’an setelah mempelajari kitab Tuḥfatul Aṭfal menjadi lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an dan menunjukkan santri terbilang baik dalam kelangsungan belajar kitab Tuḥfatul Aṭfal. Hal tersebut juga dibuktikan dengan tercapainya indikator efektivitas dari beberapa segi kriteria yang dikutip dari Makmur (2011:7-9) yaitu ketepatan waktu, ketepatan perhitungan biaya, ketepatan dalam pengukuran, ketepatan menentukan tujuan, ketepatan sasaran, ketepatan dalam menentukan pilihan, ketepatan berfikir dan ketepatan dalam menentukan perintah. Kata kunci : Efektivitas, Kefasihan Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:39
Last Modified: 28 Nov 2023 07:39
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item