PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA KELAS IX DI MTS AL-JIHAD SALAMAN TAHUN AJARAN 202

Nur Hakim, Nur Hakim (2022) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERHADAP KEDISIPLINAN BERAGAMA SISWA KELAS IX DI MTS AL-JIHAD SALAMAN TAHUN AJARAN 202. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI NUR HAKIM 18.61.0049.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK NUR HAKIM. Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Beragama Siswa Kelas IX MTs Al-Jihad Salaman Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2021.Para penerus bangsa yang berpendidikan, berprestasi, berakhlak yang baik diharapkan mampu membawa bangsa ini menghadapi persaingan yang global, khususnya dalam bidang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui pendidikan agama dalam keluarga siswa kelas IX MTs Al-Jihad Salaman; (2) untuk mengetahui kedisiplinan beragama siswa kelas IX MTs Al- Jihad Salaman; (3) untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa kelas IX MTs Al-Jihad Salaman. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kuantitatif. Lokasi penelitian di MTs Al-Jihad Salaman. Variable dalam penelitian ini yaitu pendidikan agama dalam keluarga (x) dan kedisiplinan beragama siswa (y). Sampling dalam penelitian ini berjumlah 76 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) Pendidikan agama dalam keluarga siswa kelas IX MTs Al-Jihad Salaman tahun ajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori baik, berikut rata-rata nilai angketnya adalah 51; (2) Kedisiplinan beragama siswa kelas IX MTs Al-Jihad Salaman tahun ajaran 2021/2022 termasuk dalam kategori baik, terbukti rata-rata nilai angketnya 49; (3) Ada hubungan pengaruh yang disignifikasikan dari pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kedisiplinan beragama siswa dari hasil pengujian hipotesis menunjukan pada tarif signifikasi 5% dan 1% rhitung kurang dari rtabel, yakni signifikasi 5% hasilnya 0,998 lebih besar 0,225 dan signifikasi 1% hasilnya 0,998 lebih besar 0,293 yang artinya rhitung masih lebih besar dari rtabel dan termasuk dalam kategori “sangat kuat” hubungan antara kedua variabel tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh pendidikan agama dalam keluarga signifikan terhadap kedisiplinan beragama siswa kelas IX MTs Al-Jihad Salaman tahun ajaran 2021/2022. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : pendidikan, kedisiplinan beragama

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:11
Last Modified: 28 Nov 2023 07:11
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item