PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PANTI ASUHAN AL-IKHWAN BUGEL JEPARA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 TAHUN 2020

Nurul Maziyyah, Nurul Maziyyah (2022) PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT DI PANTI ASUHAN AL-IKHWAN BUGEL JEPARA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 TAHUN 2020. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI NURUL MAZIYYAH.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Nurul Maziyyah. Pendidikan Berbasis Masyarakat Di Panti Asuhan Al�ikhwan Bugel Jepara Pada Masa Pandemic Covid-19 Tahun 2020. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS , 2021. Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan sangat dibutuhkan. Masyarakat sebagai sumber inspirasi, sumber dana bagi penyelenggaraan pendidikan di setiap derah. Mengingat pada masa Pandemic Covid-19 pendidikan berbasis masyarakat sangat diperlukan sebagai usaha untuk menjawab tantangan dan peluang yang ada di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui konsep pendidikan berbasis masyarakat di panti asuhan al-ikhwan Bugel Jepara. (2) untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan berbasis masyarakat di panti asuhan al-ikhwan Bugel Jepara setelah terjadinya pandemic covid-19. (3) untuk mengetahui problem dan solusi dalam mengatasi pelaksanaan pendidikan berbasis masyarakat di panti asuhan al-ikhwan Bugel Jepara selama terjadinya pandemic covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu, penelitian ini dijelaskan secara apa adanya sesuai fakta yang ada dan data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambaran bukan berupa angka. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis datanya dengan cara mereduksi data, data display/penyajian data, conclusion drawing/verification atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) konsep pendidikan berbasis masyarakat yang ada di panti asuhan al-ikhwan pada masa pandemic covid-19 meliputi masyarakat memiliki kepedulian, menyadari pentingnya pendidikan bagi kemajuan mereka, memiliki pendidikan sebagai potensi kemajuan, mampu menentukan tujuan pendidikan yang sesuai dengan masyarakat, aktif dalam penyelenggaran pendidikan, menjadi pendukung pembiayaan. (2) Pelaksanaan pendidikan sebelum ada pandemi yaitu kegiatan keagamaan, ketrampilam dan olahraga sedangkan selama pandemic kegiatannya meliputi keagaman dengan pembelajaran kitab kuning, uqudul lujjain, nahwu, tauhid, fiqih, ta’limul muta’alim, jamaah sholat lima waktu, membaca al-qu’an, dengan melibatkan anak warga sekitar sementara anak asuh dikembalikan ke orang tua. (3) Masalah yang ditemukan yaitu kurang adanya kekompakan anak untuk menetap di panti selama pandemi, tidak ada struktur organisasi bagi anak untuk dilibatkan dalam kegiatan, tidak ada fasilitas penunjang sekolah di masa pandemi, kurangnya kegiatan ketrampilan. Solusi yang diterapkan yaitu memberikan waktu untuk berada di rumah dalam batas waktu yang telah ditentukan oleh pengurus dan melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan keagamaan, mengkoordinasikan kegiatan kepada pengajar yang bersangkutan, mengajukan proposal bantuan kepada dinas sosial dan bekerjasama dengan para donatur, terbukanya ruang perpustakaan sebagai pengganti kegiatan ketrampilan bagi anak. Kata Kunci : Pendidikan, Masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:32
Last Modified: 28 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item