PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH PADA SISWA MI ISLAMIYAH PAREN KETANGI KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2021

Wiji Utami, Wiji Utami (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WAL JAMA’AH PADA SISWA MI ISLAMIYAH PAREN KETANGI KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2021. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI Wiji Utami.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK WIJI UTAMI: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Ahlussunah Waljama’ah Pada Siswa MI Islamiyah Paren Ketangi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang Tahun 2021. Pada umumnya masalah pendidikan adalah masalah yang penting dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan.Sekolah yang berada di bawah naungan lembaga Ma’arif terdapat mata pelajaran Aswaja (Ahlussunah waljama’ah) Dari mata pelajaran Aswaja dapat diterapkan nilai-nilai aswaja pada siswa, dimana penerapan tersebut sangat membutuhkan peran guru yang berkompeten. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai�nilai Ahlussunah Wal Jama’ah di MI Islamiyah Paren Ketangi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun 2021. (2) Mengetahui faktor pendukung dan hambatan guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah di MI Islamiyah Paren Ketangi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang tahun 2021. (3) Mengetahui solusi yang di tempuh guru dari hambatan dalam menanamkan nilai-nilai Ahlussunah Wal Jama’ah di MI Islamiyah Paren Ketangi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Maagelang tahun 2021. Jenis penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer da sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa datanya dengan mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai Aswaja pada siswa MI Islamiyah Paren Ketangi Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang pada tahun 2021, guru dalam menanamkan nilai Aswaja melalui nilai tawasuṭ yaitu dengan mempertajam pemahaman materi aswaja, memberikan bimbingan, memberikan tauladan yang mencerminkan nilai tawasuṭ, peran guru PAI dalam menanamkan nilai tawazun yaitu dengan menumbuhkan kesadaran akan keseimbangan hidup di dunia dan di akhirat dengan pembiasaan beribadah di madrasah, peran guru PAI dalam menanamkan nilai tasamuh yaitu dengan pembinaan, dan ketauladanan kepada siswa tentang toleransi, peran guru dalam menanamkan nilai amar ma’ruf nahi munkar yaitu dengan memberikan ketauladanan dan pembinaan kepada siswa dalam menerapkan amalan-amalan aswaja, menumbuhkan kemampuan ke arah yang lebih baik. (2) Faktor pendukung guru PAI dalam menanamkan nilai aswaja yaitu guru yang berkompeten, siswa, sarana prasarana dan lingkungan belajar yang baik sedangkan faktor peghambat guru dalam menanamkan nilai aswaja yaitu ketersediaan buku terbatas, alokasi waktu pembelajaran terbatas, dan masih kurang fahamnya anak-anak jika yang ditanamkan pada mereka adalah nilai-nilai dari aswaja. (3) Solusinya yaitu mengizinkan siswa memfotokopi buku aswaja, guru menyampaikan materi aswaja pada poin-poin penting saja, terus memberi tauladan perilaku nilai-nilai aswaja, memberikan pembiasaan, pembinaan dan motivasi kepada peserta didik tentang nilai-nilai aswaja. Kata kunci : guru PAI, nilai aswaja

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:23
Last Modified: 28 Nov 2023 06:23
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item