IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TANBIHUL MUTA’ALIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI KELAS V IBTIDA’ PUTRA DI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA KUDUS TAHUN 2022

Taufikur Rokhma, Taufikur Rokhma (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB TANBIHUL MUTA’ALIM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SANTRI KELAS V IBTIDA’ PUTRA DI PONDOK PESANTREN NURUL ASNA KUDUS TAHUN 2022. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
Taufikur Rokhman FAI 2022.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK TAUFIKUR ROKHMAN, Implementasi Pembelajaran Kitab Tanbihul Muta’alim dalam Pembentukan Akhlak Santri Kelas V Ibtida’ Putra di Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022 Akhlak merupakan lambang kualitas seseorang baik dalam individu, keluarga, masyarakat, dan umat. Program pengajaran kitab Tanbihul Muta’alim di Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus sebagai pendidikan dan pembentukan akhlak pada masa anak-anak sangatlah penting, karena penanaman akhlak pada usia itulah yang akan menjadi pondasi akhlak seseorang ketika ia telah dewasa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana pembelajaran kitab Tanbihul Muta’alim pada santri kelas ibtida’ di Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022; (2) Mengetahui keadaan akhlak santri kelas V ibdita’ Putra Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022; (3) Mengetahui implementasi pembelajaran kitab Tanbihul Muta’alim dalam pembentukan akhlak santri kelas ibtida’ Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022; (4) Mengetahui dampak pembelajaran kitab Tanbihul Muta’alim dalam pembentukan akhlak santri kelas ibtida’ Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian Implementasi Pembelajaran Kitab Tanbihul Muta’alim dalam Pembentukan Akhlak Santri Kelas V Ibtida’ Putra di Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022 adalah: (1) Pembelajaran kitab Tanbihul Muta’alim di kelas V ibdita’ Putra Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus dilakukan sesuai setrategi pembelajaran pada umumnya dimana terdapat perencanaan, pelaksanan dan evaluasi namun yang membedakan dengan pendidikan pada umunya adalah perencanaannya yang menggunakan sistem target; (2) Kondisi akhlak santri kelas V ibdita’ Putra Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus Tahun 2022 berbeda-beda; (3) Implementasi pembelajaran kitab Tanbihul Muta’alim dalam pembentukan akhlak santri kelas V ibdita’ Putra Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus diterapkan dengan baik terbukti dengan diterapkannya nilai-nilai akhlak yang ada di dalam kitab Tanbihul Muta’alim ketika proses pembelajaran serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari santri baik dalam lingkungan pesantren maupun di luar pesantren; (4) Dampak pembelajaran kitab Tanbihul Muta’alim terhadap pembentukan akhlak santri kelas V ibdita’ Putra Pondok Pesantren Nurul Asna Kudus adalah santri tidak hanya memahami nilai-nilai akahlak yang terkandung dalam kitab Tanbihul Muta’alim saja akan tetapi santri dapat mengamalkannya dalam kehudupan santri sehari-hari di dalam maupun di luar pondok pesantren. Kata kunci: Kitab Tanbihul Muta’alim, Pembelajaran, Pembentukan Akhlak Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:15
Last Modified: 28 Nov 2023 06:15
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item