KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA DAN RELEVANSINYA TERHADAP SISDIKNAS NOMOR 20 TAHUN

Ullya Setiyani, Ullya Setiyani (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ABUDDIN NATA DAN RELEVANSINYA TERHADAP SISDIKNAS NOMOR 20 TAHUN. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
Ullya FAI 2022.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ULLYA SETIYANI. Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata dan Relevansinya terhadap SISDIKNAS Nomor 20 Tahun 2003. Skripsi. Ungaran Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNDARIS, 2022. Problem dunia pendidikan terus menjadi pembahasan yang hangat dan masih selalu dicari solusinya oleh para pakar. Mulai dari kondisi peserta didi yang selalu diselimuti degradasi moralitas serta mutunya yang masih tertinggal dibandingkan dengan Negara-negara lain, sehingga sistem pendidikan yang seolah-olah tidak memiliki konsep yang jelas dan terus mencari bentuk seiring dengan pergantian para pengemban kebijakan dunia pendidikan. Berbagai macam persoalan tentang pendidikan perlu adanya sebuah konsep dan pemikiran baru agar permasalahan-permasalahan yang ada dapat terselesaikan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran Abuddin Nata yang merupakan guru besar ilmu pendidikan Islam yang dianggap memiliki sumbangsih ilmu pengetahuan untuk dunia pendidikan khususnya ranah pendidikan Agama Islam menjadi corak pemikiran utamanya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Researce). Penelitian ini dilakukan di perpustakaan yang mengoleksi data-data mengenai Konsep Pendidikan Islam menurut Perspektif Abuddin Nata. Sumber data yang diambil menggunakan dua sumber data yaitu (1) Sumber primer, yang digunakan adalah Buku Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata dan Undang- Undang SISDIKNAS. (2) dan sumber sekunder, berupa buku-buku, jurnal, ensiklopedi, majalah, makalah, artikel dan lain-lain yang relevan dengan Konsep Pendidikan Islam Perspektif Abuddin Nata dan Undang-Undang SISDIKNAS. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konsep Pendidikan Islam yaitu mempunyai tujuan yang menekankan orientasinya pada peran manusia sebagai khalifah di muka bumi. Seorang pendidik patutnya tunduk dan patuh melaksanakan syariat islam, berakhlak mulia, mampu berkomunikasi dengan baik dengan murid dan masyarakat. Sedangkan relevansinya terhadap Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) Nomor 20 tahun 2003 mempunyai tujuan yang sama dalam penyampaikan pendidikan Islam dari pendidik pada peserta didik sesuai tingkat usia, tempat tinggal, budaya dan lain sebagainya. Pendidik bertanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan, serta memiliki kompetensi yang sesuai. Kata kunci : Konsep Pendidikan Islam, Sisdikn

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:10
Last Modified: 28 Nov 2023 06:10
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item