ANALISIS OPTIMALISASI PELAYANAN SPRIPIM GUNA MENDUKUNG KAPOLDA DALAM RANGKA TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT DITINJAU DARI ASPEK HAK ASASI MANUSIA DI WILAYAH HUKUM POLDA JAWA TENGAH

Dea, Agustina (2023) ANALISIS OPTIMALISASI PELAYANAN SPRIPIM GUNA MENDUKUNG KAPOLDA DALAM RANGKA TERWUJUDNYA PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT DITINJAU DARI ASPEK HAK ASASI MANUSIA DI WILAYAH HUKUM POLDA JAWA TENGAH. Masters thesis, undaris.

[img] Text
44.DEA AGUSTINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui dan menganalisis bagaimana optimalisasi pelayanan spripim guna mendukung kapolda dalam rangka terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat ditinjau dari aspek hak asasi manusia di wilayah hukum polda Jateng. 2) Mengetahui dan menganalisis hambatan pada aspek hukum dalam optimalisasi pelayanan spripim guna mendukung kapolda dalam rangka terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat ditinjau dari aspek hak asasi manusia di wilayah hukum polda Jateng. 3) Mengetahui dan menganalisis cara mengatasi hambatan pada aspek hukum dalam optimalisasi pelayanan spripim guna mendukung kapolda dalam rangka terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat ditinjau dari aspek hak asasi manusia di wilayah hukum polda Jateng. Metode penelitian dilakukan dengan yuridis empiris atau dapat disebut dengan penelitian lapangan, yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dengan apa yang terjadi dalam kenyataannya di masyarakat di lapangan. Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan Teknik pengumpulan data melalui wawancara kemudian data yang diperoleh dari hasil penelitian akan dianalisa dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil kesimpulan bahwa : 1) Spripim merupakan unsur pelayanan yang berada di bawah Kapolda. Spripim bertugas membantu dalam melaksanakan tugas kedinasan dan tugas khusus dari Kapolda dan/atau Wakapolda. 2) Pelayanan prima adalah kegiatan untuk memberikan nilai tambah agar dapat memenuhi atau melampui harapan pelanggan. 3) Kendala: belum idealnya jumlah sumber daya manusia, kurangnya dukungan anggaran, dan kurangnya kesadaran masyarakat. Upaya: diberlakukannya tolok ukur pelayanan publik yang berkualitas. Kata Kunci : Pelayanan Spripim, Pelayanan Prima, Hak Asasi Manusia, Masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Hukum > S2 Ilmu Hukum
Depositing User: . Dimas Triatmaja
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:26
Last Modified: 02 Nov 2023 06:26
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1109

Actions (login required)

View Item View Item