PENGARUH HARGA, STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA GO-JEK DI KABUPATEN SEMARANG

ROHMATUL AFRIYATI, ROHMATUL AFRIYATI (2022) PENGARUH HARGA, STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PENGGUNA GO-JEK DI KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
ROHMATUL A FEB 2022.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Persaingan bisnis pada zaman milenial ini sangat berat untuk itu perusahaan dituntut untuk memiliki kompeten agar dapat bersaing dan dapat bertahan dalam sengitnya pasar, tidak terkecuali perusahaan penyedia jasa transportasi online (Go-Jek) di Kabupaten Semarang, dimana kepuasan konsumen merupakan tujuan utamanya. Loyalitas pelanggan timbul dari rasa puas pelanggan terlebih dahulu terhadap suatu produk tertentu. Kepuasan konsumen merupakan target setiap perusahaan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen adalah harga, standar operasional prosedur (SOP), dan promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, standar operasional prosedur (SOP), dan promosi terhadap kepuasan konsumen pengguna Go-Jek di Kabupaten Semarang. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori atau penelitian tingkat penjelasan, maka penelitian ini adalah penelitian asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel dalam penelitian ini adalah bebas dan terikat. Populasi dalam penelitian ini seluruh pengguna Go-Jek di Kabupaten Semarang dengan jumlah sampel 100 yang dihitung menggunakan rumus unknown populations. Teknik pengumpulan sampel nonprobability sampling dengan tehnik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi, regresi, uji hipotesis dengan uji t dan uji f. Harga, standar operasional prosedur (SOP), dan promosi secara bersama�sama mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien korelasi masing-masing untuk harga sebesar 0,637, untuk standar operasional prosedur (SOP) sebesar 0,620 dan promosi sebesar 0,588 yang apabila diinterprestasikan kecenderungannya termasuk dalam kategori kuat. Selain itu harga, standar operasional prosedur (SOP), dan promosi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen ditunjukan dengan nilai koefisien regresi untuk harga sebesar 0,255, untuk standar operasional prosedur (SOP) koefisien regresi sebesar 0,345 dan koefisien regresi promosi sebesar 0,280.Pengaruh harga, standar operasional prosedur (SOP), dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna Go-Jek di Kabupaten Semarang ditunjukan dari hasil uji determinasi sebesar 54,9% dengan nilai F hitung sebesar 41,252 yang lebih besar dari F tabel 2,71 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Kata Kunci : Harga, Standar Operasional Prosedur (SOP), Promosi dan Kepuasan konsumen Pengguna Go-Jek

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:51
Last Modified: 31 Oct 2023 02:51
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1094

Actions (login required)

View Item View Item