PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI DHADHU CAFE TEMBALANG SEMARANG

Muhammad Dery Zakwan, Muhammad Dery Zakwan (2022) PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI DHADHU CAFE TEMBALANG SEMARANG. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
Muhammad Dery Zakwan FE 2022.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Dhadhu café Boardgame Tembalang merupakan nama dari café yang di bangun dari tahun 2019 dengan mengusung konsep family, work space, dan boardgame sebagai daya tarik untuk pengunjung datang. Namun dikarenakan pengaruh dari COVID 19 pada tahun 2020 hingga 2021 mengharuskan pihak manajemen mengambil keputusan untuk melakukan pengurangan karyawan yang berdampak promosi digital yang terbengkalai karena tidak adanya content creator, kualitas pelayanan mengalami kemunduran dan harga yang di tawarkan terbilang cukup mahal bila di lihat dari kualitas yang di berikan sehingga mempengaruhi volume penjualan, volume penjualan merupakan suatu kegiatan yang penting dalam perusahaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini apakah digital marketing, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh digital marketing, kualitas pelayanan, dan harga terhadap volume penjualan di Dhadhu Café Boardgame Tembalang, Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel diperoleh sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah menggunkaan SPSS 23. Pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, Uji t dan uji F Berdasarkan hasil penelitian ini variabel digital marketing, kualitas pelayanan, dan harga memiliki pengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai koefisien korelasi masing- masing untuk digital marketing 0,505, kualitas pelayanan 0,469, harga 0,570 yang apabila diinterprestasiakan memiliki arti sedang. Digital marketing, kualitas pelayanan dan harga juga memiliki pengaruh positif terhadap volume penjualan dengan nilai koefisien regresi masing – masing untuk digital marketing 0,289, kualitas pelayanan 0,270, dan harga 0,419. Hasil uji hipotesis menunjukan variabel digital marketing berpengaruh terhadap volume penjualan dengan thitung 3.484> ttabel 1.984 serta nilai signifikan 0,001< 0,05. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap volume penjualan dengan thitung 3.188 > ttabel 1.984 dengan nilai signifikan 0,002< 0,05. Variabel harga berpengaruh terhadap volume penjualan dengan t_hitung 6.929> t_tabel 1.984 serta nilai signifikan 0,000< 0,05. Sedangkan hasil pengujian secara simultan digital marketing, kualitas pelayanan dan harga memiliki pengaruh secara bersama sama terhadap volume penjualan yang ditunjukkan hasil uji determinasi sebesar 53% dan nilai Fhitung 37.514> Ftabel 2,71 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata kunci: Digital Marketing, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:40
Last Modified: 31 Oct 2023 02:40
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item