ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK (CV. JENANG MUBAROK KUDUS)

Ilham Haflawi Setiawan, Ilham Haflawi Setiawan (2022) ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK (CV. JENANG MUBAROK KUDUS). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
Ilham Haflawi S. FEB 2022.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.undaris.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Daya saing merupakan kemampuan untuk menunjukkan hasil yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan memperkokoh pangsa pasarnya, kemampuan menghubungkan dengan lingkungannya, kemampuan meningkatkan kinerjad tanpa henti, kemampuan menegakkan posisi yang menguntungkan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal bisnis, untuk mengetahui posisi bisnis, dan untuk menentukan implementasi strategi bisnis yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Teori yang digunakan adalah daya saing dan analisis SWOT, daya saing menurut Kotler dan Armstrong (2008), mendefisinikan keunggulan bersaing adalah keunggulan melebihi pesaing yang diraih dengan menawarkan nilai yang lebih besar kepada konsumen, baik melalui harga yang lebih rendah atau dengan menyediakan lebih banyak manfaat yang sesuai dengan harga yang lebih mahal, Analisis SWOT menurut David ( 2010), mendefinisikan alat analisis yang di pergunakan untuk menyusun faktor-faktor strategis berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang di miliki oleh perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang yang dianggap tahu tentang kondisi bisnis CV. Jenang Mubarok yang berjumlah 7 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan Analisis SWOT yang meliputi analisis SWOT kualitatif, matriks IFE, matriks EFE dan matriks grand strategy. Hasil Analisis menunjukkan posisi bisnis berdasarkan analisis SWOT kualitatif berada pada posisi bisnis dengan strategi ST yaitu penggabungan strategi dengan kekuatan dalam menghadapi ancaman. Hasil perhitungan Matriks Grand Strategy yaitu kekuatan dan kelemahan (S-W: = 1,86-1,83= 0,03) sehingga mempunyai selisih positif sebesar 0,03, sedangkan untuk peluang dan ancaman (O-T: = 1,69-1,75= -0,06) sehingga menpunyai selisih negatif sebesar -0,06. Berdasarkan hasil analisis Matriks Grand Strategy menunjukkan bahwa bisnis berada pada kuadran II strategi yang cocok adalah diversifikasi konsentris dan strategi ST yaitu untuk mempertahankan kekuatan dalam menghadapi ancaman, mempertahankan produk yang berkualitas di masa yang mendatang supaya konsumen percaya terhadap jenang mubarok, menambah produk baru untuk memenangkan persaingan produk, mencari bahan baku yang lebih murah membuat jenang bisa menjual harga murah,membuat hak cipta kemasan produk jenang mubarok supaya tidak banyak pesaing meniru kemasan produk. Kata Kunci : Daya saing, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:17
Last Modified: 30 Oct 2023 07:17
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item