STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN ( Studi Kasus Pada UMKM Bengok Craft di Kabupaten Semarang )

Arini Aisyah, Arini Aisyah (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN ( Studi Kasus Pada UMKM Bengok Craft di Kabupaten Semarang ). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
ARINI AISYAH FEB 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan dunia usaha saat ini berkembang sangat pesat. Dukungan yang diperoleh dari kemajuan teknologi berdampak sangat baik bagi terbentuknya sebuah usaha yang mampu bersaing sampai ranah global. Adanya covid-19 memberikan dampak yang cukup signifikan bagi penjualan usaha Bengok Craft. Strategi pemasaran merupakan salah satu sistem yang harus dianalisis kembali terkait dampak yang diakibatkan oleh covid-19. Bengok Craft memerlukan strategi�strategi yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mengetahui faktor internal dalam menetapkan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di Bengok Craft. 2) Mengetahui faktor eksternal dalam menetapkan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di Bengok Craft. 3) Mengetahui strategi pemasaran yang tepat melalui analisis SWOT dalam meningkatkan volume penjualan di Bengok Craft. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Desa Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis SWOT, yang terdiri dari lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan), dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman). Hasil matriks EFI dan EFE kemudian dapat dirinci sebagai berikut kekuatan (2,23), kelemahan (1,12), peluang (1,91), dan ancaman (1,35), dengan skor total kekuatan internal 3,35 dan skor total kekuatan eksternal 3,26. Hasil analisis berdasarkan Diagram SWOT menunjukkan bahwa posisi Bengok Craft berada pada kuadran I yang menunjukkan bahwa kondisi Bengok Craft mempunyai berbagai peluang dan kekuatan internal yang dapat digunakan untuk menangkap peluang eksternal. Berdasarkan matriks SWOT berada pada strategi SO dimana perusahaan harus memanfaatkan strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Berdasarkan matriks IE berada pada sel I, posisi sel I mengindikasikan bahwa Bengok Craft berada pada posisi growth and build (tumbuh dan membangun). Berdasarkan faktor-faktor internal dan eksternal yang ada maka implementasi strategi yang harus dilakukan oleh Bengok Craft adalah integrasi vertikal dan deversifikasi konglomerat. a)Integrasi vertikal dapat dilakukan oleh Bengok Craft untuk mengambil keputusan startegis melalui pengadaan 1)bahan baku yang memadai, 2)menjalin hubungan baik dengan pemasok, 3)melakukan promosi melalui media digital maupun non digital untuk mengoptimalkan penjualan serta memperluas cakupan pemasaran dengan berbagai media yang ada. Sedangkan untuk b)deversifikasi konglomerat dapat dilakukan untuk mengambil keputusan strategis melalui 1)optimalisasi produk-produk baru serta konsumen yang terus diperluas cakupannya, 2)menonjolkan ciri khas dari produk Bengok Craft, 3)memaksimalkan kekuatan internal yang ada khususnya yang berkaitan dengan produk unggulan maupun inovasi-inovasi baru. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:36
Last Modified: 26 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item