RISA PUTRI W, RISA PUTRI W (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG PADA KONTER GLOBAL SUPERSTORE DI WONOGIRI. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.
Text
Skripsi RISA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Keputusan pembelian merupakan tahap akhir yang dilakukan konsumen apakah akan membeli suatu barang/jasa atau tidak, Kotler & Amstrong (2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung pada Konter Global Superstore di Wonogiri. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi tambahan dan dapat sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk meningkatkan citra merek, harga, kualitas produk dan promosi. Jenis penelitian ini menggunakan Teknik analisis kuantitatif dengan lokasi di Konter Global Superstore yang terletak di Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah 132 konsumen. Pengambilan sampel di tentukan dengan non probability sampling dan menggunakan rumus slovin untuk menghitung jumlah sampel sebanyak 100 responden serta menggunakan google formulir untuk alat pengambilan data berupa kuesioner. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis deskripsi, uji korelasi, uji regresi. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi, uji t, uji F. Untuk memudahkan perhitungan digunakan alat bantu berupa program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek tidak berpengaruh signifikansi terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2.471 > 1,985 t tabel dan nilai signifikasinya 0,015 > 0,05. Harga tidak berpengaruh signifikansi terhadap keputusan pembelian, hal tersebut di buktikan dengan nilai t hitung sebesar 2.244 > 1,985 t tabel dan nilai signifikansinya 0,27 > 0,05. Kualitas produk berpengaruh secara signifikansi terhadap keputusan pembelian, hal tersebut di buktikan dengan nilai t hitung sebesar 3.410 > 1,985 t tabel dan nilai signifikansinya 0,001 < 0,05. Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2.315 > 1.985 dan nilai signifikansinya sebesar 0,023 > 0.05. Sedangkan, berdasarkan hasil perhitungan statistik uji simultan, maka dapat disimpulkan citra merek, harga, kualitas produk dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Konter Global Superstore, hal tersebut dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 23.955 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 serta koefisien determinasi yakni 0,481 yang berarti bahwa keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel citra merek, harga, kualitas produk dan promosi sebesar 4.81% dimana sisanya yaitu sebesar 51.9% dijelaskan oleh faktor lain diluar penelitian ini. Kata kunci : citra merek, harga, kualitas produk, promosi dan keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (Sarjana S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 03:05 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 03:05 |
URI: | http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1035 |
Actions (login required)
View Item |