USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN GROSIR BERAS RAP DI DUSUN GEBUG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT

Novitasari, Novitasari (2022) USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN GROSIR BERAS RAP DI DUSUN GEBUG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT. Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
(1)NOVITASARI 18510042 SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Grosir Beras RAP merupakan bisnis usaha beras yang bergerak dibidang pangan. Masalah yang tengah dihadapi oleh Grosir Beras RAP adalah mengalami penurunan volume penjualan sebesar 40 ton per bulan, hal tersebut dikarenakan dampak dari pandemic-19 dan juga persaingan bisnis. Untuk itu pada Grosir Beras RAP perlu dilakukan penelitian mengenai kondisi lingkungan internal dan eksternalnya agar dapat ditemukan strategi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal yang ada dan sedang terjadi serta menyusun dan menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan di Grosir Beras RAP Di Dusun Gebug dalam menghadapi persaingan pasar untuk merebutkan pelanggan serta menetapkan strategi bisnis yang memiliki keunggulan kompetitif dalam meningkatkan penjualan Grosir Beras RAP ditengah persaingan pasar yang semakin ketat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument. Teknik pengumpulan sample dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampling pada penelitian ini sebanyak 15 orang. Analisis data yang digunakan dalam memenangkan persaingan usaha mengacu pada konsep bauran pemasaran 4P selanjutnya digunakan pendekatan analisis SWOT yaitu dengan mengamati kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa melalui analisa SWOT menunjukan kekuatan: produk yang dihasilkan merupakan bahan pangan pokok yang memiliki kualitas dan mutu yang baik dan konsisten. Kelemahan: perusahaan mengalami kekuarangan tenaga pemasaran dan usaha pemasaran. Peluang: perusahaan memiliki peluang yang besar menjadi supplier bansos dan mengembangkan usahanya melalui dunia internet. Ancaman: reseller yang tidak bertanggung jawab dalam pembayaran kredit. Melalui analisis SWOT, dimana nilai IFE dan EFE menunjukan posisi Grosir Beras RAP terletak pada titik (1,85 : 1,27), berdasarkan Matriks Grand Strategy menunjukan bahwa posisi perusahaan berada pada kuadran I. Strategi yang dominan diterapkan di Grosir Beras RAP adalah SO atau Strenght Opportunities yaitu penggabungan strategi dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dan pada kuadaran ini strategi yang sesuai untuk perusahaan diantaranya adalah strategi kerjasama melalui strategi Integrasi vertical. Kata Kunci: Bauran Pemasaran 4P, Analisis SWOT

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:42
Last Modified: 26 Oct 2023 02:42
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1030

Actions (login required)

View Item View Item