PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Goreng 3B (Bersih, Bergizi, Berkah) di Kec, Pringapus)

MARYADI, MARYADI (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi Kasus Pada Rumah Makan Ayam Goreng 3B (Bersih, Bergizi, Berkah) di Kec, Pringapus). Undergraduate (Sarjana S1) thesis, UNDARIS.

[img] Text
SKRIPSI MARYADI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kepuasan konsumen merupakan tujuan utama dari suatu perusahaan. Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan untuk dapat meningkatkan kepuasan konsumen diantaranya dengan meningkatkan kualitas pelayanan, harga dan lokasi. Beberapa penelitian sebelumnya memperlihatkan hasil yang berbeda-beda mengenai kepuasan konsumen. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen (studi kasus di rumah makan ayam goreng 3B Kecamatan Pringapus. Kualitas pelayanan adalah upaya penyampaian jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan serta ketepatan penyampaian untuk mengimbangi harapan pelanggan. Sedangkan harga merupakan sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Lokasi ialah keputusan yang dibuat perusahaan berkaitan dengan dimana operasi dan stafnya akan ditempatkan. Kemudian kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari kuesioner dengan jumlah sampel 96 pelanggan di rumah makan ayam goreng 3B dengan teknik accidental sampling. Accidental sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan SPSS versi 25. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabelitas, uji korelasi, uji analisis regresi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng 3B dengan nilai signifikansi sebesar 0,03<0,05. Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng 3B dengan nilai signifikansi sebesar 0,06<0,05. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng 3B dengan nilai signifikansi sebesar 0,01<0,05. Secara simultan atau sama-sama kualitas pelayanan, harga dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng 3B dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate (Sarjana S1))
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: ISYA YULISTIAWAN isyayulistiawan777@gmail.com
Date Deposited: 25 Oct 2023 08:52
Last Modified: 25 Oct 2023 08:52
URI: http://repository.undaris.ac.id/id/eprint/1026

Actions (login required)

View Item View Item